Find Us On Social Media :

Kenapa Asam Urat Tidak Bisa Sembuh Total? Ini 5 Alasan Dibaliknya

Kenapa asam urat tidak bisa sembuh total?

GridHEALTH.idAsam urat yang menumpuk akan membentuk kristal di persendian, menyebabkan peradangan, nyeri, dan bengkak, yang dikenal sebagai serangan gout.

Untuk meredakan asam urat, ada berbagai cara yang bisa dilakukan.

Sayangnya, beragam pengobatan tersebut tidak bisa membuat asam urat menjadi sembuh total.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya?

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab asam urat tidak bisa sembuh total

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa alasan utama mengapa asam urat sulit untuk disembuhkan secara permanen.

1. Penyebab genetik

Salah satu alasan utama asam urat tidak bisa sembuh total adalah faktor genetik. Beberapa orang mewarisi kecenderungan genetik untuk memproduksi lebih banyak asam urat atau mengalami masalah dalam membuangnya melalui ginjal.

Ini berarti, meskipun seseorang menjalani pola hidup sehat dan menghindari makanan pemicu, mereka tetap rentan mengalami serangan asam urat. Kondisi ini sifatnya kronis dan memerlukan manajemen seumur hidup.

2. Polusi makanan pemicu

Asam urat biasanya dipicu oleh konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, serta minuman beralkohol dan minuman bersoda.

Meskipun banyak orang yang mencoba menghindari makanan-makanan ini, sulit untuk benar-benar menghilangkan semua pemicunya dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan tinggi purin yang mudah dijumpai membuat penderita asam urat sering kali tak sengaja mengonsumsinya, memicu serangan asam urat berulang.

Baca Juga: Apakah Asam Urat Bisa Mengakibatkan Kelumpuhan? Ini Penjelasannya