Find Us On Social Media :

Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik Sebenarnya Dibutuhkan Tubuh, Namun Apa Bedanya?

Ingin Sehat? Kadar kolesterol baik harus lebih tinggi dari kadar kolesterol jahat.

 

GridHEALTH.id – Setiap mendengar kata kolesterol, banyak dari kita yang khawatir dan langsung berpikir mengenai penyakit jantung atau stroke.

Baca Juga: Kolesterol 'Jahat', Mengapa Tak Boleh Tinggi, Ternyata Ini Alasannya

Ya, kata ‘kolesterol’ selalu dikaitkan dengan banyak penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan stroke. Padahal, tidak semua kolesterol bersifat jahat dan mematikan. Ada kolesterol baik yang justru bisa memerangi kolesterol jahat. Kolesterol tidak dapat larut dalam darah. Zat tersebut harus diangkut melalui aliran darah dengan operator yang disebut lipoprotein, yang terbuat dari lemak (lipid) dan protein. Kedua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke dan dari sel-sel tubuh adalah low-density lipoprotein (LDL) atau high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL dan kolesterol HDL, bersama dengan seperlima dari tingkat trigliserida, membuat jumlah total kolesterol, yang dapat ditentukan melalui tes darah. Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Baca Juga: Tak Semegah Rumah Anak Presiden, Tengok Rumah Pertama Annisa Pohan dan AHY hingga Sempat Tinggal dengan Hewan Melata

Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.