Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Diabetes: Gula Putih VS Gula Merah, Mana yang Aman Untuk Penderita Diabetes? Ini Jawaban Ahli

Penderita diabetes perlu membatasi konsumsi gula merah dan gula putih karena dampaknya sama saja bagi kenaikan gula darah.

GridHEALTH.id - Para penderita diabetes sering bertanya-tanya manakah gula yang paling aman dikonsumsi selain menggunakan pemanis buatan?

Baca Juga: Buktikan, 6 Penyakit Ini Bakal Hilang Saat Konsumsi Gula Dikurangi

Banyak orang yang lantas menyodorkan brown sugar atau gula cokelat/merah karena dianggap lebih sehat dibanding gula putih. 

Walau dibuat dari bahan yang sama, brown sugar biasa disebut sebagai pilihan lebih sehat dan alami.

Anggapan bahwa gula jenis ini lebih sehat menjadikan banyak penderita diabetes lebih memilih gula jenis ini. Namun benarkah brown sugar ini lebih sehat dibanding gula putih?

Dilansir dari Medical Daily, baik brown sugar maupun gula putih sama-sama dibuat dari tebu atau bit. Walau kedua jenis gula ini memiliki warna berbeda, kandungan nutrisi di dalamnya kurang lebih sama.

Pada faktanya, brown sugar merupakan gula yang menggabungkan gula putih dan tetes tebu sehingga warnanya berbeda. Selain itu terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang dicampur dalam gula jenis ini.

Baca Juga: 30 Menit Berjalan Kaki Setiap Hari, 7 Jenis Kanker Langsung Minggir

Walau sangat sedikit, namun terdapat perbedaan antara brown sugar dan gula putih ini. Brown sugar memiliki karbohidrat dan kalori lebih rendah dibanding gula putih.