Find Us On Social Media :

Stres Tak Tertangani Bisa Datangkan Penyakit Mematikan, Usir Dengan Melakukan Meditasi

Salah satu cara mengatasi stres dengan melakukan meditasi olah pernapasan.

GridHEALTH.id - Stres yang terjadi secara terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan tubuh sehingga datanglah berbagai penyakit.

Baca Juga: Hati-hati, Bila Stres Mendera Segera Cari Solusi Karena Bisa Picu Kecanduan Gula yang Berujung Diabetes

 

Asal tahu saja, stres adalah bagian dari hidup dan menyerang kita dalam pelbagai situasi. Misalnya pada waktu kita terjebak macet, berhadapan dengan masalah pekerjaan, persoalan rumah tangga, dsb.

Stres merupakan suatu reaksi alamiah ketika sistem saraf simpatetik (sympathetic nervous system - SNS) dalam tubuh menjadi aktif sehingga tubuh melepas hormon stres (adrenalin dan kortisol).

Ketika kita menghadapi tekanan atau situasi yang krusial, maka level SNS menjadi aktif mengakibatkan tekanan darah naik dan tekanan jantung menjadi cepat.

Biasanya level adrenalin, kortisol, tekanan darah dan detak jantung akan kembali normal ketika situasi tersebut telah lewat atau stres sudah tertangani.

Tetapi ketika menghadapi situasi yang serius, hormon stres cenderung meningkat dan bertahan lebih lama pada level ini.

Baca Juga: Berantas Stunting: Padahal Menyandang Predikat 'Milenial', Ternyata Generasi Ini Tak Paham Stunting, Alamat Problem Kurang Gizi Terus Berlanjut?

Hal demikian mengakibatkan tekanan darah naik dan detak jantung menjadi tidak teratur sehingga timbul penyakit baru seperti insomnia, maag, sakit kepala, bahkan penyakit yang lebih serius seperti diabetes dan stroke yang bisa mengancam jiwa.