Find Us On Social Media :

Tidak Suka Sayur, Bukan Berarti Anak Harus Kekurangan Serat, Ini Caranya

Ada banyak makanan sumber serat untuk atasi masalah gangguan pencernaan.

GridHEALTH.id - Serat merupakan salah asupan penting bagi sistem pencernaan tubuh manusia.

Asupan serat yang tak terpenuhi dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Menurut Prof. dr. Badriul Hegar, Ph.D, Sp.A(K), selaku peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, asupan serat yang cukup telah teruji secara klinis dapat membantu mengurangi gejala gangguan buang air besar.

"Ini terjadi karena serat dapat membantu menyerap air di usus besar, memperbesar volume dan melunakkan konsistensi feses, mempercepat pembuangan sisa makanan dari usus besar, hingga menstimulasi saraf pada rektum agar anak memiliki keinginan untuk BAB,” papar Prof Hegar di acara Bicara Gizi: "Peranan Serat untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak" (4/03/2020) yang diselenggarakan di di Kaum Restaurant, Jakarta.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan terganggunya sistem pencernaan tak bisa dianggap sepele apalagi terjadi pada anak-anak karena bisa berakibat fatal nantinya.

"Kondisi ini tidak dapat diremehkan karena terganggunya kesehatan saluran pencernaan anak dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas kesehatan anak di masa depan.

Untuk itu, orangtua perlu mencermati kesehatan saluran pencernaan anak antara lain, salah satunya dengan memperhatikan kecukupan konsumsi serat harian si Kecil,” tambahnya.

Baca Juga:  Anak Perlu Banyak Konsumsi Makanan Berserat, Ini Dia Alasannya