Find Us On Social Media :

9 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Berdampak Pada Kesehatan Kulit

Salah memilih kosmetik karena tidak disesuaikan dengan kondisi kulit dapat berdampak pada kesehatan kulit.

 

GridHEALTH.id - Hampir setiap manusia di Bumi ini ingin terlihat lebih muda atau setidaknya memiliki penampilan yang sehat dengan wajah kencang dan bersinar. 

Namun, seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit kita memburuk dan bahan penyusunnya, yaitu serat kolagen dan elastin (selain asam hialuronat), berkurang selama bertahun-tahun.

Kulit kita menjadi lebih tipis dan kehilangan kemampuannya untuk membentuk lemak, yang menyebabkannya kehilangan tampilan kenyal dan kenyal dan malah membuatnya tampak lebih kusam dan lebih kusut, tembus cahaya, dan cekung 

Banyak faktor seperti matahari, panas, trauma pada kulit, radiasi dan pencemaran lingkungan dapat mempercepat penuaan.

Penuaan adalah proses alami dan tidak mungkin untuk dicegah sepenuhnya, namun dengan merawat kulit kita dengan baik, kita dapat memastikan hal itu dapat menjaga kesehatan kulit agar kita menua dengan anggun.

Dokter kulit dari Turki, Şule Albayrak menjelaskan 9 kesalahan dan kebiasaan paling umum yang membuat kulit menua sebelum waktunya;

1. Berpanas-panas di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari sejauh ini merupakan faktor terbesar yang berkontribusi terhadap penuaan dini dan kanker kulit.

Tidak terlindung secara memadai dan benar dari sinar matahari dapat menyebabkan bintik matahari atau perubahan warna pada kulit, keriput, peningkatan tahi lalat dan pertumbuhan kanker. 

Baca Juga: Ingin Kulit Wajah Glowing Wanita Ini Pakai Masker Darah Haid

Baca Juga: Jangan Takut Merawat Pasien Covid-19 di Rumah, Ikuti Prosedur WHO Ini

Dokter memperingatkan bahwa kita tidak boleh berada di bawah matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore. saat sinar matahari paling terik. Dan ingat, sinar matahari dapat memantulkan pasir dan aspal dan juga memiliki efek yang sama, bahkan di bawah payung.