Find Us On Social Media :

181 Nakes di Indonesia Berguguran Akibat Covid-19, Rupanya Ada Risiko Burnout

Kematian akibat corona pada tenaga kesehatan di Indonesia jadi jumlah tertinggi di dunia.

GridHEALTH.id - Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang gugur akibat pandemi virus corona (Covid-19) rupanya menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Hal itu diungkap langsung oleh Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid dalam acara peluncuran pusara digital bagi tenaga kesehatan, Sabtu (5/9/2020).

Usman mengatakan, Amnesty International mencatat ada 181 tenaga kesehatan di Indonesia yang meninggal dunia, terdiri dari 112 orang dokter dan 69 orang perawat.

"Setidak-tidaknya ada 181 tenaga kesehatan yang meninggal dunia, dengan angka tersebut ini termasuk rincian 112 dokter dan juga 69 perawat, dan dengan angka ini Indonesia berada di jajaran negara dengan angka kematian tenaga kesehatan yang terbesar di dunia," ujar Usman dikutip dari Kompas.com.

Ada banyak penyebab kematian dikalangan nakes ini begitu melonjak tajam.

Terbaru sebuah sebuah studi menemukan bahwa nakes yang menangani pandemi Covid-19 memiliki risiko terkena keletihan emosi atau burnout.

Baca Juga: Klaster Keluarga Covid-19 di Indonesia Semakin Menggeliat, Jokowi; Kita Harus Hati-hati, Mulai Was-was?

Baca Juga: Penyebab Angka Kematian Tenaga Medis di Indonesia Tinggi, Apa Iya Karena Masalah Masker dan Jaga Jarak Seperti Kata Kemenkes?