Find Us On Social Media :

5 Fakta Paling Populer Tentang Penyakit Diabetes Tipe 2, Wajib Tahu

Kurang tidur dan stres berkepanjangan dapat membuat kadar gula darah jadi sangat tinggi sehingga meningkatkan risiko terjadinya diabetes hingga 2 kali lipat.

GridHEALTH.id - Diabetes atau penyakit kencing manis menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit ini disebabkan kandungan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh.

Sebagian besar diakibatkan faktor genetik, namun gaya hidup juga memiliki peran yang tidak sedikit.

Penyakit diabetes di Indonesia menduduki peringkat ke-7 terbanyak di dunia, dengan jumlah penderita sebanyak 10 juta jiwa.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang mencukupi, atau tubuh tidak dapat menggunakan jumlah insulin yang ada secara efektif.

Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah berlebihan dan timbul penyakit yang disebut diabetes.

Terdapat beberapa jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Diabetes tipe 1 ini karena kekurangan insulin, sehingga penderita harus mendapat tambahan insulin setiap harinya agar keadaannya tetap stabil.

Baca Juga: Diabetes Neuropati, Bisakah Disembuhkan? Ini Dia Cara Mengelolanya

Baca Juga: Studi : Covid-19 Dapat Menyebabkan Otak Menua Hingga 10 Tahun

Biasa terjadi juga pada penderita anak-anak. Tanda-tanda dari diabetes tipe 1 ini antara lain buang air kecil berlebihan, haus dan lapar yang konstan, mengalami penurunan berat badan, perubahan kemampuan penglihatan, dan kelelahan. Semua ini dapat terjadi secara tiba-tiba.