Find Us On Social Media :

Bahaya Kelebihan Zat Besi, Bisa Menyebabkan Gampang Lelah dan Diabetes

Sumber zat besi termasuk protein hewani, termasuk ati ampela, daging sapi, susu, dan juga sayuran. Tetapi kelebihan zat besi dapat merusak organ tubuh.

GridHEALTH.id - Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk produksi hemoglobin dan memiliki peran di berbagai proses lainnya dalam tubuh.

Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Jika asupan zat besi berkurang, produksi sel darah merah dan kandungan hemoglobin bisa turun.

Makanan yang mengandung zat besi mayoritas adalah protein hewani, termasuk ati ampela, daging sapi, susu, dan juga sayuran.

Kecukupan zat besi wajib dipenuhi, terutama pada perempuan, ibu hamil, bayi, dan anak-anak. Pada anak-anak, defisiensi zat besi dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

Namun ada gangguan kesehatan kelebihan zat besi yang disebut hemochromatosis herediter yang dapat menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang kita makan.

Zat besi berperan penting dalam beberapa fungsi tubuh, termasuk membantu pembentukan darah. Tapi, terlalu banyak zat besi bagi tubuh bisa berdampak negatif.

Baca Juga: Ini Alasannya Kata Dokter Mengapa Perlu Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Baca Juga: Morning After Pill, Kontrasepsi Darurat Cegah Kehamilan Untuk Wanita

Hormon yang disebut hepcidin, disekresikan oleh hati, biasanya mengontrol bagaimana zat besi digunakan dan diserap di dalam tubuh, serta bagaimana kelebihan zat besi disimpan di berbagai organ.