Find Us On Social Media :

Ini Alasannya Kata Dokter Mengapa Perlu Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Zat besi untuk ibu hamil di antaranya diperoleh dari makanan laut seperti ikan salmon.

 

GridHEALTH.id - Kelelahan sering menjadi keluhan umum yang dialami wanita hamil.  Namun, perasaan yang sangat lelah juga bisa tanda anemia atau zat besi dalam tubuh cukup rendah.

Sebuah penelitian yang dibuat oleh New Belgian mengungkapkan 1 dari 3 wanita memiliki kadar zat besi rendah. Apa fungsi dan pentingnya zat besi untuk ibu hamil .

 

Kekurangan zat besi tentu saja berhubungan dengan anemia. Tak hanya itu, kekurangan zat besi juga berisiko pada gangguan tiroid.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Endocrinilogy ini mengukur zat besi dan hormon tiroid pada 1.900 wanita hamil.

Para peneliti menemukan sebanyak 35% dari perempuan tersebut mengalami kekurangan zat besi pada trimester pertama.

Kekurangan zat besi juga meningkatkan risiko penyakit torid autoimun. Penyakit tersebut merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid sehingga menyebabkan kelelahan, nyeri pada tubuh dan masalah berat badan.

Baca Juga: Berantas Stunting; 3 Hal Penting Untuk Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Baca Juga: Komentar Seorang Profesor Hukum, 'Demi Kebaikan Bersama, Warganegara yang Menolak Divaksin Covid-19 Boleh Dituntut Pidana'

Rendahnya tingkat zat besi juga meningkatkan risiko kurang aktifnya tiroid yang berujung pada memperlambat metabolisme tubuh ibu.