Find Us On Social Media :

Banyak Saran Untuk Menghindari Gula, Sebenarnya Apa yang Dilakukan Gula di Dalam Tubuh?

Gula akan masuk ke dalam lambung dan akan dimetabolisme menjadi 2 molekul yaitu glukosa dan fruktosa.

GridHEALTH.id - Tahukah, saat kita mengonsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung gula, indra pengecap akan langsung mengirim “pesan” ke otak,  yang akan memicu suatu bagian otak tertentu untuk melepaskan dopamin.

Gula kemudian akan masuk ke dalam lambung dan melalui bantuan enzim-enzim pencernaan, maka gula ini akan dimetabolisme menjadi 2 molekul yaitu glukosa dan fruktosa.

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang akan terjadi di dalam tubuh kita setelah gula dimetabolisme menjadi glukosa dan fruktosa.

1. GlukosaGlukosa akan meresap masuk ke dalam aliran darah melalui dinding usus halus, kemudian memicu pankreas untuk mengeluarkan insulin, suatu hormon yang berfungsi untuk “mengambil” glukosa dari dalam aliran darah dan mengantarkannya ke dalam berbagai sel di dalam tubuh untuk digunakan sebagai energi.Akan tetapi, karena berbagai makanan manis saat ini mengandung terlalu banyak glukosa, maka kadar glukosa di dalam darah juga akan menjadi terlalu banyak, yang membuat kita memperoleh energi cepat dalam waktu singkat.

Keadaan ini akan memicu otak untuk mengeluarkan serotonin, suatu hormon yang sebetulnya berfungsi untuk mengatur waktu tidur.

Baca Juga: Kebanyakan Gula Bisa Sebabkan Anak Jadi Hiperaktif? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Ragam Manfaat Pil KB: Pemberdayaan Perempuan Hingga Cegah KankerSelain itu, insulin juga menghambat produksi leptin, hormon “lapar” yang berfungsi untuk memberitahu otak bahwa tubuh telah kenyang.