Find Us On Social Media :

Minum Pereda Nyeri Parasetamol di Saat Haid, Bolehkah? Ini Kata Dokter

Parasetamol, obat pereda nyeri yang sering digunakan untuk mengatasi nyeri haid.

GridHEALTH.id - Gangguan yang paling tidak menyenangkan selama menstruasi atau haid adalah munculnya rasa kram dan sensasi nyeri di perut alias nyeri haid.

Sebagian perempuan yang merasakan nyeri menstruasi hari-hari pertama, terkadang meminum obat anti nyeri. Obat yang dikonsumsi biasanya sejenis paracetamol. Apa kata dokter soal ini?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Pondok Indah, Kanadi Sumapraja mengatakan, paracetamol atau ibuprofen bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri haid.

Keduanya tergolong obat lini pertama mengatasi menstruasi karena bekerja di ujung-ujung serabut saraf, sebelum penggunaan obat-obatan yang bekerja di sentral atau bagian otak saat nyeri sangat hebat, misalnya tradamol.

"Obat-obatan itu akan menekan lepasnya mediator.-mediator radang yang timbul akibat peradangan. Dengan demikian, ujung-ujung serabut saraf itu tidak akan teraktivasi karena adanya mediator radang tadi. Obat-obat seperti itu banyak misalnya paracetamol, ibuprofen," ujar dia dalam diskusi media di Jakarta, Kamis (13/02/2020).

Namun Kanadi tidak menganjurkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri terus menerus saat nyeri muncul.

Baca Juga: Kram Menstruasi: Tiga Posisi Tidur Terbaik Untuk Meredakan Nyeri Perut

Baca Juga: Bayi Cegukan Bikin Cemas Ibu, Padahal Ini Manfaatnya Buat Si Kecil

Kanadi mengatakan, mengatasi nyeri haid untuk menghindari obat-obat anti nyeri yang berkepanjangan karena risiko jauh lebih besar, efek sampingnya cukup serius.