Find Us On Social Media :

Sarapan Kaya Karbohidrat Bisa Gantikan Suntikan Insulin Bagi Penyandang Diabetes, Studi

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 25 Februari 2021 | 10:30 WIB

Contoh sarapan kaya karbohidrat bagi penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Selama ini dalam kesehariannya, penyandang diabetes sering diminta untuk membatasi asupan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil.

Namun, sebuah penelitian terbaru malah menganjurkan, penyandang diabetes disarankan untuk mengonsumsi sarapan yang kaya karbohidrat.

Penelitian itu membuktikan, mengonsumsi sarapan kaya karbohidrat diikuti dengan makan malam ringan dapat menggantikan suntikan insulin.

Menurut penelitian, metabolisme dan jam biologis kita dioptimalkan untuk makan di pagi hari dan untuk berpuasa di sore dan malam hari, saat kita seharusnya tidur.

Studi ini terungkap setelah sebuah penelitian yang menemukan orang yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 biasanya menyuntikkan insulin, hormon yang mengatur pergerakan gula ke dalam hati, otot dan sel lemak, hingga empat kali sehari.

Tapi suntikan insulin dikaitkan dengan penambahan berat badan dan hilangnya kendali kadar gula darah.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Gula Buruk Bagi Kesehatan Kita

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan Dengan Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Cepat Hamil

Hal ini memicu lingkaran setan dengan dosis insulin yang lebih tinggi, penambahan berat badan yang terus menerus, insiden penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, dan komplikasi lainnya.