Find Us On Social Media :

Meskipun Bekerja di Rumah, Pilih Busana Sesuai Profesi Amat Penting

Meski bekerja di rumah. memakai pakaian yang rapi dan pantas membuat kita bekerja lebih produktif.

GridHEALTH.id - Di era panggilan Zoom dan Google Meet, tidak ada yang akan memperhatikan kita. Jadi mengapa repot-repot membuat masalah, kita  mungkin berpikir seperti ini.

Lebih masuk akal daripada sebelumnya untuk berpakaian santai ke kantor. Lagipula, kebanyakan dari kita tidak lagi masuk ke kantor setiap hari dan tidak terlihat oleh rekan kerja saat kita bekerja di rumah.

Untuk konferensi video, kita dapat menggunakan pakaian atas, yaitu dengan cepat mengenakan atasan yang layak tanpa harus mengganti bawahan olahraga yang nyaman atau pakaian santai.

Tetapi bagaimana perilaku semacam ini memengaruhi cara kita berpikir tentang diri kita sendiri dan produktivitas kita? Apakah kita benar-benar bekerja lebih baik dengan kemeja atau blazer bisnis?

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kita perlu melakukannya. Misalnya, para peneliti di A.S. menemukan bahwa orang yang harus tetap berkonsentrasi tinggi merasa lebih mudah melakukannya saat mengenakan jas lab putih, yang dikaitkan dengan dokter dan ilmuwan.

Meskipun kita tidak mungkin mengenakan mantel dokter saat bekerja dari rumah, memilih pakaian yang sesuai profesi kita amat penting.

"Hari kerja dimulai di depan lemari pakaian," kata Petra Lienhop, seorang pelatih ketenagakerjaan dari Jerman. "Pakaian yang pantas meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri serta membuat seseorang bekerja lebih produktif."

Baca Juga: Selama WFH Jumlah Ibu Hamil Meningkat, Ada Risikonya Kehamilan di Tengah Pandemi Covid-19

Baca Juga: Faktor Genetik Menyumbang Munculnya Diabetes, Tapi Bisa Dicegah!

Efeknya juga tergantung pada apa yang kita kaitkan dengan pakaian tertentu. Misalnya, "Jika Anda terbiasa memakai jas atau blazer saat bekerja," kata Carolin Pfau, anggota dari Asosiasi Pembinaan Jerman.