Find Us On Social Media :

Wamenkes Sebut Tingkat Perlindungan Vaksin Covid-19 Sinovac Cuma 65,3%

Vaksin Covid-19 dari Sinovac diklaim memberikan kekebalan hanya sekitar 65%.

GridHEALTH.id -Merasa kebal setelah disuntik vaksin Covid-19, banyak masyarakat yang menganggap akan terlindung dari bahaya virus corona. Sehingga, banyak yang mengabaikan protokol kesehatan (Prokes).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa persepsi masyarakat yang seperti itu salah.

"Ya, banyak masyarakat yang menganggap bahwa setiap orang yang sudah menerima vaksin akan aman dari virus corona. Untuk itu saya tegaskan, bahwa itu persepsi yang salah.

Bahkan karena persepsi itu, banyak masyarakat yang akhirnya mengabaikan protokol kesehatan," jelasnya di Posko Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, saat berkunjung ke Pekanbaru, Rabu (24/03/2021).

Memang, dengan adanya vaksin bukan berarti Prokes bisa diabaikan. Terlebih pemerintah sejak awal telah mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga Prokes meskipun sudah menerima vaksin.

"Sebab itu jangan ada lagi yang mengabaikan Prokes. Bahkan faktanya, masih ada orang yang telah disuntik vaksin lantas tetap terpapar virus corona, karena tak semua orang yang sudah divaksin serta merta mempunyai kekebalan tubuh maksimal.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Telah Diproduksi Jutaan, WHO Sesalkan Negara Miskin Tidak Kebagian

Baca Juga: Tidak Cukup Minum Air? Beberapa Gangguan Kesehatan Bakal Muncul

Hanya saja, bagi orang yang telah divaksin, kalau sempat terpapar Covid-19 tidak seberat kalau dia tidak divaksin," tambahnya.