Find Us On Social Media :

Siklus Menstruasi Terasa Nyaman? Konsumsi Banyak Protein dan Serat

Protein dan serat, dua hal yang dibutuhkan selama siklus menstruasi.

GridHEALTH.id - Bagi beberapa wanita, siklus menstruasi dapat mengurangi nafsu makan, sisanya malah merasa nafsu makannya bertambah.

Ada banyak hal yang terjadi selama periode. Saat kadar estrogen dan progesteron turun, suasana hati mulai berubah, diikuti oleh gangguan haid lainnya.

Ada juga sedikit perubahan pada kadar gula darah yang seharusnya bertanggung jawab atas keinginan ngemil dan peningkatan nafsu makan.

Mungkin inilah alasan mengapa banyak dari kita ingin memakan burger keju, keripik, atau makan sebatang cokelat sekaligus. Namun, makanan yang kita idam-idamkan biasanya tinggi karbohidrat dan gula.

Masalahnya, jenis makanan ini memang sesaat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi instan, tetapi kemudian yang tersisa adalah malah merusak tubuh. Tak lama, kita juga akan merasa merasa lebih lapar dan lelah juga.

Inilah sebabnya mengapa perlu memasukkan beberapa makanan kaya protein ke dalam makanan selama menstruasi.

Baca Juga: Pembersih Alami Untuk Mengatasi Gatal Pada Vagina Selama Menstruasi

Baca Juga: Tidak Mengonsumsi Gula, Mengapa Tetap Kena Diabetes? Ini Kata Dokter

Protein membuat lebih mudah untuk mengatasi fluktuasi kadar gula darah karena membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Serat juga memiliki khasiat serupa.