Find Us On Social Media :

Rasulullah SAW Tidak Suka Begadang, Beliau Tidur Setelah Salat Isya, Ternyata Ini Manfaatnya

Rasuullah SAW menganjurkan untuk tidur di awal malam dan tidak bergadang.

GridHEALTH.id - Begadang dikenal sebagai kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan.

Pasalnya kebiasaan tersebut dapat membuat kita kurang tidur dan pada akhirnya justru membahayakan tubuh jika terus dibiarkan.

Bahkan karena buruknya dampak yang ditimbulkan, Sebuah riwayat hadist menybutkan dengan tegas bahwa Rasulullah SAW sangat tidak menyukai begadang.

Berikut isi hadist tersebut:

Diriwayatkan dari Abi Barzah “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Ibnu Baththol menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/278, Asy Syamilah)

Sementara itu jika ditilik dari sisi medis, bahaya kurang tidur yang ditimbulkan dari kebiasaan begadang ini pun tidak main-main bahkan bisa mengancam jiwa.

Baca Juga: Buka Puasa Cara Rasulullah SAW Membuat Kita Terhindar dari Penyakit dan Sakit