Find Us On Social Media :

Waspada, Osteoporosis Tak Hanya Menyerang Lansia, Tapi Juga Orang Muda

Osteoporosis bisa menyerang siapapun, di usia muda sekalipun. Lakukan gaya hidup sehat untuk mencegahnya sejak dini.

GridHEALTH.id - Tidak seperti anggapan selama ini, osteoporosis tidak eksklusif untuk wanita lanjut usia, yang sering dikaitkan dengannya, tetapi dapat memengaruhi kedua jenis kelamin pada usia berapa pun.

Memang benar bahwa penyakit ini lebih sering ditemukan pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun. Wanita lebih sering terkena daripada pria karena massa tulang mereka umumnya lebih rendah daripada pria.

Osteoporosis juga merupakan salah satu penyebab utama kematian, bukan karena penyakit itu sendiri, tetapi komplikasi sekunder dari penyakit tersebut.

Nama penyakit ini berasal dari penampilannya. Os- berarti tulang, dan -porosis berarti keropos, jadi osteoporosis secara harfiah berarti tulang keropos.

Pori-pori terbentuk di antara sel-sel tulang, yang melemahkannya dan menyebabkan struktur tulang menipis; ini menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Orang yang mengidap penyakit ini dapat dengan mudah mengalami patah tulang, tidak hanya saat jatuh, tetapi juga saat bersin atau batuk.

Baca Juga: Ini Alasannya Mengapa Wanita Lebih Berisiko Menderita Osteoporosis

Baca Juga: Termasuk Golongan Pelit? Hati-hati, Ternyata Ini Dampaknya Bagi Kesehatan!

Kita tidak hanya melihat patah tulang karena penyakit ini, tetapi juga menyebabkan sakit kronis yang parah, membungkuk dan dapat menurunkan tinggi badan juga, belum lagi penurunan kualitas hidup yang signifikan.