Find Us On Social Media :

Buah-buahan yang Tidak Disarankan Untuk Penyandang Diabetes, Apa Saja?

Anggur termasuk buah yang tidak disarankan untuk penyandang diabetes karena indeks glikemiknya tinggi.

GridHEALTH.id - Makan buah-buahan setiap hari sangat dianjurkan karena terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Buah-buahan yang memiliki indeks glikemik lebih tinggi harus dihindari karena dapat menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi. Maka itu, bagi pasien diabetes perlu tahu  buah mana yang harus dihindari.

Pasien diabetes hidup dengan diet yang sangat ketat, karena sangat penting bagi mereka untuk menjaga kadar gula darah mereka setiap saat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 100 juta orang di dunia didiagnosis menyandang diabetes karena kebiasaan makan yang tidak sehat, pola makan yang tidak tepat, stres, dan obesitas.

Penyandang diabetes dapat makan buah-buahan sebagai bagian dari diet harian mereka, tetapi karena buah-buahan adalah bentuk karbohidrat, sering mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Bagian yang sulit tentang makan bagi penyandang diabetes adalah bahwa setiap orang merespons makanan secara berbeda, dan sementara buah-buahan tertentu dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang melonjak, itu mungkin tidak sama untuk orang lain.

Baca Juga: Hati-hati, Meski Kalorinya Lebih Rendah, Indeks Glikemik Kentang Lebih Tinggi Dibanding Nasi

Baca Juga: Studi: Asap Tembakau Meningkatkan Risiko Obesitas Pada Anak-anak

Sementara minuman soda dan jus pemanis buatan dilarang, buah-buahan dengan indeks glikemik yang lebih tinggi juga harus dihindari karena dapat menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi.