Find Us On Social Media :

Deteksi Dini Kanker Prostat, Kanker Paling Sering Dialami Pria

Deteksi dini kanker prostat membantu harapan hidup pasien.

GridHEALTH.id - Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat (kelenjar yang  turut  berperan  dalam pembentukan  cairan  ejakulasi)  yang  umumnya  ditandai  dengan gangguan  buang  air  kecil.

Belum  begitu  jelas  apa  yang  menyebabkan  kanker  prostat.  Terbentuknya  kanker  prostat dimulai  ketika  sel-sel  di  prostat  mengalami  perubahan  dalam  DNA  mereka. 

DNA  sel  berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Perubahan tersebut memberi tahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel abnormal itu pun terus hidup,  ketika  sel  lain  mati.

Sel  abnormal  yang  terakumulasi  membentuk  tumor  yang  dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Pada akhirnya, beberapa sel abnormal dapat  menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.

Kanker  prostat  yang  terdeteksi  sejak  dini,  ketika  masih  terbatas pada kelenjar prostat, memiliki luaran  terbaik untuk angka harapan hidup.

Baca Juga: Kanker Prostat Salah Satu Kanker Terbanyak Pada Pria, Kenali Gejalanya

Baca Juga: Masih Jadi Pertanyaan Awam, Perlukah Menyikat Gigi Setelah Sarapan?

Strategi pengobatan terintegrasi, yang menggabungkan terapi lokal dan sistemik, dapat bermanfaat dalam penanganan kanker prostat.

Namun, pemilihan strategi pengobatan bergantung pada banyak faktor, seperti preferensi pasien, dan aspek kualitas hidup.