Find Us On Social Media :

7 Kesalahan Diet Rendah Karbohidrat Harus Dihindari Penyandang Diabetes

Diet rendah karbohidrat membantu mengelola kadar gula. Hindari kesalahan mengonsumsinya.

GridHEALTH.id - Karbohidrat meningkatkan kadar gula darah jadi wajar jika penyandang diabetes diminta mengurangi asupan karbohidrat dalam makanan mereka.

Mereka diminta beralih ke diet rendah karbohidrat sebagai strategi ntuk menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan pengelolaan diabetes tipe 2.

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2020 di Clinical Nutrition ESPEN menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dan tinggi protein adalah strategi yang efektif untuk meminimalkan lonjakan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Dan dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Juni 2019 di Journal of Clinical Investigation, diet rendah karbohidrat terbukti membantu orang dengan sindrom metabolik yakni sekelompok kondisi termasuk obesitas perut dan kolesterol tinggi, trigliserida, tekanan darah, dan kadar gula darah puasa.

Tetapi untuk menjalankan diet rendah karbohidrat yang efektif, sebaiknya penyandang diabetes tipe 2 perlu menghindari kesalahan berikut;

1. Tidak memvariasi semua pilihan rendah karbohidrat

"Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan berapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsi seseorang setiap hari," kata Lori Zanini, RD, CDCES, yang berbasis di Manhattan Beach, California.

Baca Juga: Pedoman Konsumsi Karbohidrat untuk Penyandang Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkendali

Baca Juga: Healthy Move, 6 Alasan Wanita Justru Dianjurkan Angkat Beban

“Beberapa faktor ini termasuk seberapa baik kadar gula darah terkontrol, obat atau insulin saat ini, kondisi kesehatan tambahan, preferensi makanan, anggaran, dan tujuan kesehatan.”