Find Us On Social Media :

Healthy Move, Panduan 5 Latihan Otot Dada Agar Tegap dan Kuat

Push up, salah satu latihan otot dada yang mudah dilakukan

GridHEALTH.id - Dada adalah salah satu kelompok otot terbesar di tubuh bagian dan membantu kita melakukan banyak gerakan penting.

Itulah mengapa penting untuk melakukan latihan dada yang menargetkan otot-otot bagian depan ini dan secara serius memperkuat seluruh tubuh bagian atas.

Ketika kita mendengar latihan dada, kita mungkin langsung berpikir tentang push-up. Dan meskipun benar bahwa push-up adalah latihan yang luar biasa untuk menantang dan memperkuat otot dada, itu bukan satu-satunya pilihan.

Latihan dada terbaik menampilkan berbagai latihan yang menargetkan kelompok otot ini dari semua sudut, termasuk push-up, penekanan dada bergantian, flys dada, naik-turun papan/plank, dan banyak lagi.

Pelatih pribadi Evan Williams, CSCS, pendiri E2G Performance di Chicago mengatakan, kekuatan otot dada merupakan bagian yang sangat penting dari kebugaran kita secara keseluruhan.

Selain menunjang penampilan, otot dada yang kencang juga baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh.

Untuk itu ia membagi tips dan informasinya tentang otot apa yang membentuk dada, manfaat memperkuat dada, dan seberapa sering memasukkan latihan dada ke dalam rutinitas kebugaran.

Dada terdiri dari dua otot: pectoralis mayor dan pectoralis minor. Mereka sering disebut sebagai pecs atau otot pec.

Pectoralis mayor adalah otot dada yang lebih besar yang menempel pada lengan atas membentang di dada ke tulang seAnda, dan terhubung ke tulang dada  (tulang di tengah dada).

Baca Juga: 7 Pengobatan Rumahan Untuk Menghilangkan Kram Otot di Kaki dan Tangan

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Vaksin Booster Covid-19 yang Diizinkan BPOM Diberikan Mulai Hari Ini, Apa Saja?

Pectoralis minor adalah otot dada yang lebih kecil yang berada di bawah pectoralis mayor dan membentang dari tulang belikat ke tulang rusuk.