Find Us On Social Media :

Masalah Tidur Penyandang Diabetes, Sleep Apnea Sampai Kebanyakan Tidur

Gangguan tidur seperti kebanyakan tidur banyak dialami penyandang diabetes.

GridHEALTH. id - Diabetes mempengaruhi puluhan juta orang di dunia  dan merupakan penyebab kematian ke tujuh.

Bentuk diabetes yang paling umum adalah diabetes tipe 2, penyakit kronis yang berkembang karena resistensi insulin.

Insulin adalah hormon yang membantu mentransfer glukosa dari darah ke otot, lemak, dan hati, dan sel-sel lain, di mana ia dapat digunakan untuk energi.

Resistensi insulin terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan memproduksi insulin, atau ketika insulin gagal mentransfer glukosa ke dalam sel-sel ini.

Hal ini menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah, atau dikenal sebagai gula darah tinggi, yang merupakan gejala khas diabetes. Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat berakibat burukbagi jantung, ginjal, dan organ lainnya.

Diabetes dan tidur berhubungan erat, dan banyak orang dengan diabetes tipe 2 mengalami kualitas tidur yang buruk atau insomnia atau malah kebanyakan tidur karena sering mengantuk.

Kabar baiknya adalah bahwa perhatian yang cermat terhadap diet, olahraga, dan kadar gula darah dapat membuat perbedaan besar pada kualitas tidur dan, pada gilirannya, pada kesehatan secara keseluruhan.

Bagaimana diabetes dapat mempengaruhi tidur? Diperkirakan satu dari dua orang dengan diabetes tipe 2 memiliki masalah tidur karena kadar gula darah yang tidak stabil dan gejala terkait diabetes yang menyertainya.

Gula darah tinggi (hiperglikemia) dan gula darah rendah (hipoglikemia) pada malam hari dapat menyebabkan insomnia dan selanjutnya kelelahan dan mengantuk di siang hari yang membuat penyandang diabetes bisa tidur sepanjang hari.

Baca Juga: Ini Penjelasannya, Mengapa Kurang Tidur Bisa Munculkan Diabetes Tipe 2

Baca Juga: Healthy Move, 3 Latihan Mudah Untuk Mengencangkan Bokong dan Paha

Seperti banyak kondisi kronis, perasaan depresi atau stres tentang penyakit itu sendiri juga dapat membuat tetap terjaga di malam hari.