Find Us On Social Media :

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung, Menurut Studi

Makan di luar setiap hari berdampak negatif pada munculnya penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Penyakit jantung yang sering muncul pada orang dewasa adalah serangan jantung, alias infark miokard.

Terjadi ketika bagian dari otot jantung tidak mendapatkan cukup darah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (DC).

"Semakin banyak waktu yang berlalu tanpa pengobatan untuk memulihkan aliran darah, semakin besar kerusakan pada otot jantung," jelas mereka.

Ada sejumlah faktor risiko serangan jantung, beberapa di antaranya termasuk usia dan riwayat keluarga, di luar kendali kita.

Namun, ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang pada akhirnya dapat menyebabkan peristiwa yang berpotensi mematikan. Menurut CDC, inilah kebiasan-kebiasan tersebut.

1. Jajan  makanan di luar setiap hariMakan di luar setiap hari mungkin berdampak negatif pada munculnya penyakit jantung karena kita cenderung membuat pilihan yang tidak sehat di restoran.

Saat kita makan di luar, CDC menyarankan untuk memperhatikan detail nutrisi, mengatakan tidak pada roti dan koktail, membuat pertukaran yang lebih sehat, memilih porsi yang lebih kecil, dan menolak topping yang tidak sehat.

2. Tidak pernah berolahraga

Baca Juga: Penyakit Jantung Mungkin Muncul Pasca Sembuh dari Covid-19, Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai

Baca Juga: Gangguan Pendengaran Bisa Terjadi pada Penyandang Diabetes Lansia

Salah satu hal terbaik yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah rutin berolahraga.

"Menjadi tidak aktif berkontribusi pada kadar kolesterol darah tinggi dan obesitas. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kesehatan jantung yang lebih baik, termasuk menurunkan tekanan darah," kata Mayo Clinic.