Find Us On Social Media :

Healthy Move, 3 Latihan Mudah Untuk Melatih Keseimbangan Tubuh

Latihan keseimbangan secara rutin membuat kita gesit dan tak gampang jatuh.

GridHEALTH.id -  Mampu menjaga keseimbangan fisik sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari naik turun tangga hingga meraih barang di rak supermarket.

Tetapi sementara banyak orang melakukan jalan kaki setiap hari dan bahkan mungkin melakukan beberapa latihan kekuatan beberapa kali seminggu, latihan untuk membangun keseimbangan tidak selalu masuk dalam daftar latihan. Padahal ini penting, kata para ahli.Seiring bertambahnya usia, sistem fisik di dalam tubuh yang membantu kita menjaga keseimbangan tidak seresponsif seperti ketika kita masih muda.

Menjaga keseimbangan sebenarnya adalah tugas kompleks bagi tubuh membutuhkan tindakan terkoordinasi tidak hanya dari otot,  tetapi juga mata, telinga, tendon, tulang, dan otak.Selain itu, masalah kesehatan yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, seperti gangguan telinga bagian dalam, penurunan sensasi pada kaki, atau hipotensi postural (tekanan darah rendah dengan berdiri) dapat membuat kita merasa tidak stabil.

Latihan fisik yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dapat membantu kita tetap tegak dan mencegah jatuh yang menyebabkan cedera.

Selama ini kita mengenal latihan keseimbangan dengan berdiri di atas satu kaki.  Ya, ini memenuhi syarat. Itu termasuk dalam kategori yang disebut latihan keseimbangan statis. Karena meningkatkan keseimbangan saat kita berdiam diri.

Tetapi latihan keseimbangan yang baik juga harus mencakup latihan dinamis, yang bertujuan untuk membangun keseimbangan saat bergerak.

Idealnya, kita harus mencoba menggabungkan beberapa latihan ini dua atau tiga kali seminggu.

Baca Juga: Healthy Move, Satu Pose Yoga Untuk Kuatkan Panggul dan Keseimbangan

Baca Juga: 6 Aturan Mudah Menjalankan Pola Hidup Sehat Penyandang Diabetes

Di bawah ini adalah tiga latihan sederhana yang dapat kita gunakan untuk memulai. Yang pertama adalah latihan keseimbangan statis dan dua lainnya adalah latihan keseimbangan.

1. Berdiri tandemPosisi awal: Berdiri tegak, kaki dibuka selebar pinggul dan berat didistribusikan secara merata pada kedua kaki. Letakkan tangan di samping dan kencangkan otot perut.Gerakan: Tempatkan kaki kiri tepat di depan kaki kanan, tumit sampai ujung kaki, dan rapatkan paha bagian dalam.

Angkat lengan ke samping setinggi bahu untuk membantu menyeimbangkan. Tahan. Kembali ke posisi awal, lalu ulangi dengan kaki kanan di depan. Ini melengkapi satu rep.