Find Us On Social Media :

Asam Urat Tinggi Bisa Menyebabkan Batu Ginjal, Lakukan Ini Agar Tak Muncul

Asam urat tinggi bisa memunculkan batu ginjal.

GridHEALTH.id - Keberadaan batu ginjal dapat memperberat kinerja ginjal dalam menjalankan fungsinya sebagai organ tubuh.

Oleh sebab itu, kita mau melakukan apa saja untuk menghindarinya lagi. Bahkan yang sudah ada juga ingin segera menghilangkannya lewat berbagai cara.

"Batu ginjal lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, dan pada sekitar setengah dari orang yang pernah mengalaminya, batu ginjal menyerang lagi dalam waktu 10 hingga 15 tahun tanpa tindakan pencegahan," kata Dr. Brian Eisner, co-director Program Penyakit Dalam yang mengkhususkan pada batu ginjal di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Sekolah Kedokteran Harvard.

Dari mana asal batu ginjal? Batu ginjal terbentuk ketika zat tertentu, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat yang tinggi, menjadi cukup pekat untuk membentuk kristal di ginjal.

Kristal tumbuh lebih besar menjadi "batu." Sekitar 80% hingga 85% batu ginjal terbuat dari kalsium. Sisanya adalah batu asam urat, yang terbentuk pada orang dengan kadar pH urin rendah.

Setelah batu terbentuk di ginjal, mereka dapat mengeluarkan dan melewati ureter, menghalangi aliran urin.

Hasilnya adalah periode nyeri yang parah, termasuk nyeri pinggang (nyeri di satu sisi tubuh antara perut dan punggung), terkadang disertai darah dalam urin, mual, dan muntah.

Saat batu melewati ureter menuju kandung kemih, mereka dapat menyebabkan sering buang air kecil, tekanan kandung kemih, atau nyeri di selangkangan.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa peradangan kronis tingkat rendah dapat berubah menjadi pembunuh diam-diam yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes tipe 2, dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Kadar Asam Urat Tinggi Bisa Kurangi Umur Hingga 11 Tahun, Studi

Baca Juga: Susu, Dapat Menyembuhkan Tangan Pecah-pecah Dari Luar dan Dalam

"Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, temui dokter perawatan primer Anda," kata Dr. Eisner.