Find Us On Social Media :

Healthy Move, Memilih Jenis Olahraga Pasca Melahirkan yang Aman

Berjalan kaki, termasuk olahraga aman pasca melahirkan.

GridHEALTH.id - Tidak peduli seberapa bugar kitasebelum dan bahkan selama kehamilan, latihan pascapersalinan menghadirkan serangkaian tantangan tersendiri.

Tubuh kita  masih dalam proses penyembuhan setelah melahirkan, dan dengan bayi yang baru lahir di rumah, kita mungkin merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Tetapi percayalah, latihan pasca melahirkan membawa sejumlah manfaat positif bagi tubuh, juga untuk suasana hati dan tingkat stres.

Kebugaran tidak hanya membantu tubuh sembuh, tetapi juga membangkitkan kembali rasa percaya diri ibu setelah melahirkan.

“Latihan pascapersalinan memberi ibu kembali perasaan memegang kendali,” kata pelatih Candice Cunningham, pelatih pribadi bersertifikat ACE dan spesialis latihan korektif Fit For Birth sebelum dan sesudah melahirkan.

“Ini adalah pereda stres yang sangat besar dan juga memberi ibu baru sesuatu untuk benar-benar fokus pada diri mereka sendiri.”

Latihan yang konsisten pasca bayi memberikan dorongan besar tidak hanya dalam kekuatan fisik, tetapi juga kekuatan mental.

“Anda baru saja mengalami begitu banyak perubahan, banyak hal telah berubah. Olahraga membantu Anda sembuh dari dalam ke luar, ”katanya.

Selain banyak manfaat mental dan emosional, kebugaran pascamelahirkan dapat menyebabkan penurunan berat badan, peningkatan kekuatan (menggendong bayi sepanjang waktu bukanlah hal yang ringan), tidur yang lebih baik dan hormon yang lebih seimbang—suatu keharusan setelah sembilan bulan naik turun.

Baca Juga: Pantas Maia Estianty Mengalaminya, Ternyata Wanita Dua Kali Lebih Berisiko Mengalami Batu Empedu Dibanding Pria, Menurut Studi

Baca Juga: Tips Memasak Sajian Berbuka dan Sahur dengan Wajan Anti Lengket

Lantas, kapan memulai latihan pasca melahirkan?