Find Us On Social Media :

Kekurangan Vitamin D Bisa Menyebabkan Obesitas, Menurut Studi

Kekurangan Vitamin D bisa sebabkan obesitas atau kegemukan.

GridHEALTH.id - Diperkirakan 40% orang dewasa Amerika mungkin kekurangan vitamin D. Untuk Afrika-Amerika yang berkulit gelap, jumlah itu mungkin hampir dua kali lipat pada 76% menurut sebuah studi baru oleh The Cooper Institute.Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang dewasa Afrika-Amerika memiliki tingkat kekurangan vitamin D dan obesitas yang lebih tinggi, serta tingkat kebugaran kardiorespirasi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kelompok lain.

Di seluruh lapisan, orang dewasa Afrika-Amerika umumnya berisiko lebih besar untuk sejumlah kondisi kronis dan berpotensi memperpendek hidup.

Seperti hipertensi, stroke, resistensi insulin, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung dan semua penyebab kematian, beberapa di antaranya terkait dengan defisiensi vitamin D.Studi sebelumnya oleh The Cooper Institute menunjukkan hubungan yang kuat antara kebugaran, status berat badan, dan kadar vitamin D pada orang dewasa Kaukasia.

Untuk membantu menggeneralisasi temuan ini ke kelompok lain, tim peneliti memeriksa hubungan ini dalam kelompok 468 orang dewasa Afrika-Amerika yang umumnya sehat (usia rata-rata 47 tahun) yang menjadi peserta dalam Cooper Center Longitudinal Study (CCLS).

Semua subjek menjalani tes latihan treadmill maksimal untuk mengukur tingkat kebugaran mereka dan ditempatkan ke dalam kategori rendah, sedang atau tinggi berdasarkan usia dan jenis kelamin mereka.

Status berat badan mereka juga diukur melalui indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang dan persentase lemak tubuh.

Untuk BMI, para peserta dikategorikan sebagai berat badan normal, kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk lingkar pinggang dan lemak tubuh dikategorikan normal atau obesitas. Selain itu, sampel darah puasa menentukan kadar vitamin D.

Baca Juga: Orang Berkulit Gelap Cenderung Kekurangan Vitamin D, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Obesitas dan Seks, Begini Caranya Orang Gemuk Bisa Menikmati Hubungan Intim

Hasilnya, yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Medicine, menemukan bahwa pria dan wanita Afrika-Amerika dengan tingkat kebugaran sedang atau tinggi, 45% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kekurangan vitamin D dibandingkan mereka yang tingkat kebugarannya rendah.

Selain itu, pria dan wanita Afrika-Amerika yang obesitas 70% lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin D daripada mereka yang memiliki berat badan normal.Klik di sini untuk membaca kajian selengkapnya.“Beberapa perbedaan kesehatan yang kita lihat pada orang dewasa Afrika-Amerika mungkin sebagian disebabkan oleh tingginya prevalensi kekurangan vitamin D pada populasi ini,” kata Steve Farrell, PhD, peneliti utama studi tersebut dan peneliti senior untuk The Cooper Institute.

“Data kami menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D sangat terkait dengan kebugaran yang rendah dan obesitas pada kelompok ini.”Tubuh secara alami memproduksi vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari pada kulit.