Find Us On Social Media :

Kelebihan Daging Domba yang Kaya Protein, Cocok Untuk Diet Sehat

Daging domba memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya kaya akan protein yang cocok untuk diet sehat.

GridHEALTH.id – Daging domba menjadi salah satu daging yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang, karena kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Inilah kelebihan yang dimiliki oleh daging domba, namun tetap perhatikan juga risiko yang mengintainya.

Domba sendiri telah menjadi hewan domestik yang dimanfaatkan dagingnya sejak 9.000 tahun lalu di Timur Tengah.

Daging domba merupakan daging merah yang diambil dari domba usia di bawah satu tahun, kebanyakan berkisar di usia 6 sampai 8 bulan.

Beberapa bagian tubuh yang dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, antara lain bahu, kaki, dada, iga, pinggang, dan paha.

Untuk mengkonsumsi daging domba, mari cari tahu kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Daging domba termasuk jenis daging yang mengandung protein tinggi dengan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, di mana dalam 3 ons daging domba terdiri dari 23 gram protein, mencakup hampir setengah dari asupan harian yang dibutuhkan orang dewasa.

Oleh karena itu, bisa menjadi asupan yang pas untuk diet sehat dengan tinggi protein, seperti atlet, orang yang ingin menurunkan berat badan, atau orang yang dalam pemulihan setelah operasi atau cedera, pemeliharaan otot, peningkatan kinerja fisik, pencegahan anemia,

Selain kaya akan protein, daging domba juga kaya akan mineral dan vitamin, beberapa jenis yang terkandung antara lain zat besi, vitamin B12, selenium, niasin, fosfor, dan seng.

Baca Juga: Daging Kambing dan Domba Berbeda, Ini Cara Memasaknya yang Tepat

 Kalori yang dimiliki daging domba adalah 258, dengan 57% daging domba mengandung air dan tidak memiliki unsur karbohidrat, gula, dan serat.

Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk fungsi tubuh, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, manajemen kolesterol, dan kesehatan tulang.