Find Us On Social Media :

12 Fakta dan Mitos Seseorang Ingin Bunuh Diri, Bisa Dilakukan Mereka yang Happy

Inilah fakta dan mitos mengenai bunuh diri, kenalilah dan mulailah hilangkan stigma.

GridHEALTH.id - Mulailah untuk peduli dengan orang di sekitar, karena nyatanya bunuh diri menjadi penyebab kematian keempat di antara anak-anak berusia 15-19 tahun di dunia, dengan lebih dari 700.000 orang meninggal akibat bunuh diri setiap tahunnya.

Data ini menunjukkan bahwa kasus bunuh diri tidak bisa dianggap remeh dan korbannya pun memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, dengan mulai menghilangkan stigma seputar kesehatan mental dan bunuh diri, maka akan mengurangi pula mitos yang tidak tepat seputar keinginan seseorang untuk bunuh diri.

Pendidikan mengenai kesehatan jiwa dan pentingnya menjaga kesehatan mental hingga saat ini belum diajarkan secara formal dan kurangnya informasi secara informal, sehingga masih banyak orang yang salah paham dan bingung harus seperti apa dengan isu ini.

Stigma dan mitos yang terus berkembang sangat berpotensi memperburuk kondisi seseorang dengan tingkat risiko keinginan bunuh diri yang semakin tinggi.

Kecenderungan yang muncul dari berkembangnya stigma dan mitos ini adalah membuat seseorang yang mengalaminya menjadi sungkan untuk mengungkapkan dan takut untuk mencari pertolongan karena menghindari penghakiman dari masyarakat.

Maka diperlukannya informasi yang tepat mengenai risiko seseorang yang ingin bunuh diri untuk menghindari kecenderungan yang semakin membahayakan, sehingga mengurangi tindakan yang salah pula dari lingkungan.

Dirangkum dari intothelight.id, sebuah komunitas anak muda yang dibentuk untuk advokasi, kajian, dan edukasi pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa, terdapat beberapa mitos dan stigma yang selama ini berkembang di masyarakat.

Mitos-mitos ini akan dijawab dengan fakta dan kondisi sebenarnya seputar keinginan seseorang untuk bunuh diri, diantaranya:

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Orang Memilih Bunuh Diri, Jangan Anggap Remeh!

- Orang dengan kecenderungan bunuh diri sungguh-sungguh ingin mati

Bunuh diri adalah salah satu pilihan terbaik dan logis bagi orang yang sedang putus asa, sehingga bisa keluar dari rasa sakit yang dialaminya selama ini, hal ini dikarenakan sulitnya menemukan cara yang tepat untuk mengurangi rasa sakit itu, sehingga jika ditangani dengan baik orang yang memiliki kecenderungan ingin bunuh diri pun masih ingin hidup.