Find Us On Social Media :

Menjelang Idul Adha Harga Cabai Naik Tapi Tetap Dicari, Manfaat Cabai Pedasnya Bisa Bikin Panjang Umur

Kandungan dalam cabai bermanfaat bagi kesehatan dan membuat panjang umur.

GridHEALTH.id - Meski bukan kebutuhan pokok, cabai cukup penting bagi masyarakat Indonesia. Harga cabai rawit merah saja saat ini sudah tembus Rp 120.000 per kilogram (Kg). Harga itu terjadi di Pasar Pulo Gadung, Jakarta berdasarkan catatan Informasi Pangan Jakarta, Sabtu (02/07/2022).

Mendekati Idul Adha, diperkirakan harga itu akan semakin naik. Mengingat pada hari Raya Lebaran tahun lalu,  komoditas itu harganya  Rp 60.000/kg. Kini artinya sudah naik lagi dua kali lipat.

Dikutip dari Antara, harga rata-rata cabai rawit merah di Jakarta Rp 108.694/kg, sementara harga terendah ada di Pasar Jembatan Lima dengan harga cabai rawit merah Rp 88.000/kg. Kemudian cabai merah besar rata-rata Rp 84.411/kg. Tertinggi juga menembus Rp 120.000/kg di Pasar Pulo Gadung.

Selain itu, harga keriting juga telah tembus Rp 100.000/kg di Pasar Klender SS, sedangkan harga terendah ada di Pasar Pluit Rp 70.000/kg.

Harga cabai rawit hijau rata-rata Rp 79.444/kg. Tertinggi Rp 90.000/kg di Pasar Jatinegara dan terendah Rp 60.000/kg di Pasar Cijantung.

Masyarakat tetap mencari cabai, karena bahan makanan ini termasuk dalam menu masakan Indonesia secara harian.

Sebuah studi yang dilakukan di China dan dipublikasikan di jurnal BMJ Inggris mengungkap, orang yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 hari seminggu memiliki penurunan risiko kematian hingga 14%.Angka itu dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan pedas kurang dari seminggu sekali.Selain itu, dampak tersebut lebih kuat pada mereka yang gemar makanan padas dan tidak minum alkohol.

Baca Juga: Lemak Visceral Berbahaya, Buah Beri Kecil Berwarna Merah Bisa Lelehkan Lemak Tiga Kali Lebih Cepat Dibanding Cabai

Baca Juga: Berjongkok di Toilet Duduk Ternyata Bukan Hal yang Baik, Ini Alasannya

Baca Juga: Akibat Residu Pestisida di Atas Ambang Batas, Mi Instan Cup Produksi Indonesia Ditolak di Taiwan, Ini Bahaya Pestisida dalam Makanan

Menurut studi tersebut, dibandingkan cabai kering, saus cabai, dan minyak cabai, cabai segar memiliki perlindungan paling baik.Rasa pedas pada cabai muncul karena adanya zat capsaicin yang memiliki banyak manfaat kesehatan.Manfaat tersebut antara lain menurunkan nafsu makan dan menghambat obesitas, hingga mengurangi risiko kanker.Selain itu, kandungan dalam cabai juga dapat membunuh bakteri yang merugikan di dalam sistem pencernaan kita.Cabai juga dapat melonggarkan penyumbatan lendir pada hidung dan tenggorokan, serta meningkatkan temperatur tubuh hingga seseorang berkeringat setelah mengonsumsinya.

Baca Juga: Pemanasan Global Cairkan Gunung Es, Ilmuwan Temukan Bakteri Resisten Antibiotik di Antartika, Ancaman Bagi Kesehatan?