Find Us On Social Media :

Bagian Otak Sering Ditolak Saat Pembagian Daging Kurban, Padahal Bikin Anak Cerdas

otak sapi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh

GridHEALTH.id - Saat pembagian daging kurban Idul Adha, mereka yang menerima pembagian tersebut seringkali menolak pemberian jerohan termasuk bagian otak. Alasannya adalah khawatir memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehtan tubuh. yaitu munculnya kolesterol.

Padahal otak sapi bagus manfaatnya bila dikonsumsi anak. Melansir Journal of Natural News, anak yang tumbuh dengan tambahan asupan otak sapi akan memiliki otak dan sistem saraf yang lebih sehat.

Selain itu, meski otak sapi dikatakan sebagai makanan tinggi kolesterol, ternyata kandungan kolesterolnya masih dinilai aman dan bahkan cukup baik bagi tubuh.

Otak sapi juga mengandung DHA, satu jenis asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menurunkan risiko kita terhadap penyakit jantung, sekaligus juga mendorong fungsi otak yang sehat.

Otak sapi merupakan salah satu bahan yang lumrah diolah menjadi sajian kuliner khas Indonesia.

Bagi sebagian orang, otak sapi ini menjadi kuliner favorit. Biasanya otak sapi diolah menjadi gulai atau digoreng. Tak hanya lezat untuk disantap, ternyata otak sapi memiliki manfaat yang tak bisa disepelekan.

Otak sapi ini mengandung 150 kalori per 100 gramnya; kolesterol sebanyak 3100 mg; natrium sebesar 108 mg; kalium sebesar 244 mg; karbohidrat sebesar 1,5 g; dan proteinnya sebesar 12 g.

Dilansir dari genpi.co.id,, beberapa manfaat mengonsumsi otak sapi.

1. Tinggi kandungan gizi

Setiap 4 ons otak sapi mengandung 12,3 gram protein. Hal ini berarti sudah mencukupi kebutuhan protein orang yang rata-rata memiliki berat badan 68 kg.

Baca Juga: Habis Makan Daging Kambing Tak Perlu Khawatir, Ini 11 Makanan Penurun Kolesterol

Baca Juga: Ini Jenis Vaksin yang Membutuhkan Booster Agar Perlindungan Terhadap Infeksi Virus Corona Terjaga