Find Us On Social Media :

Membuat Sop Daging Sapi dari Kaldu Tulang, Sehat dan Bebas Lemak

Sop daging sapi dari kaldu tulang sapi.

GridHEALTH.id - Masih dalam suasana Idul Adha, kebanyakan sisa tulang sapi tidak dimanfaatkan, bahkan banyak yang dibuang.

Padahal, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat kaldu sapi yang hemat dan bebas dan bebas lemak dari tulang sapi. Dan bisa disimpan dalam kulkas bila hasilnya banyak.

Ada berbagai cara untuk membuat kaldu tulang sapi, kita bisa membuatnya hanya dengan merebus tulang sumsum dalam air selama 24-48 jam atau kita bisa menggabungkannya dengan sayuran, bumbu dan rempah-rempah untuk memberikan tambahan vitamin dan rasa.

Bila mempunyai panci slow cooker dengan listrik, kita bisa memakainya untuk merebus sehingga tinggal menyetel waktunya, tanpa perlu ditunggu dan bolak-balik dilihat.

Tahukah, smakin lama kita merebusnya, semakin banyak gelatin, mineral, dan nutrisi lain dari tulang yang akan dilepaskan.

Jangan khawatir jika tidak memiliki slow cooker, kita juga bisa membuatnya dalam panci biasa di atas kompor. Jika melakukannya di dalam pot, kita mungkin harus lebih sering mengikis permukaannya.Kaldu tulang sapi buatan sendiri sangat berbeda dari kaldu yang dibeli di toko yang sebagian besar terdiri dari rasa dan aditif buatan.

Kaldu tulang dapat dibuat dari daging sapi, domba, ayam atau bahkan ikan, tetapi penting untuk memastikan menggunakan tulang dari hewan organik atau yang diberi makan rumput.Dilansir dari The Healthy Tart, kaldu tulang sapi yang ditambahkan dengan sayuran memiliki sederet manfaat kesehatan, seperti;

Baca Juga: Resep Sop Daging Sapi dan Kandungan Kalorinya, Kaya Akan Vitamin B1

Baca Juga: Healthy Move, Tambahkan Latihan Hip Bridges Setiap Hari Untuk Postur Tubuh Ideal

- Memberikan vitamin dan mineral penting

- Mengobati gangguan usus seperti usus bocor

- Mengatasi alergi dan intoleransi makanan