Find Us On Social Media :

90 Persen Wanita Indonesia Kekurangan Kalsium, Malas Jalan Kaki Jadi Salah Satu Faktor Utama

90% wanita Indonesia kekurangan kalsium, salah satunya diakibatkan malas jalan kaki.

GridHEALTH.id - Kebutuhan nutrisi akan tulang seringkali tidak menjadi prioritas bagi kebanyakan orang, akibatnya menunggu hingga terjadi komplikasi barulah sebagian besar masyarakat Indonesia memperhatikan kesehatan tulangnya.

Ditambah dengan situasi pandemi Covid-19 yang membentuk kebiasaan baru masyarakat, menjadi lebih sedikit lagi bergerak karena dibatasinya aktivitas, seperti malas jalan kaki bisa menjadi salah satu faktor utama yang memperburuk kesehatan tulang masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data ada sekitar 90% wanita yang memiliki kepadatan tulang rendah, artinya jumlah kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang masih jauh dari kadar harian.

Perkumpulan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) menyebutkan, selain 90% wanita Indonesia kekurangan kalsium dilihat dari kepadatan tulang yang rendah, ada sekitar 41,8% pria mengalami hal yang sama.

Selain masalah pada kepadatan tulang yang rendah, kekurangan kalsium juga memicu terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Bahkan dari data PEROSI disebutkan ada 28,8% pria dan 32,3% wanita mengalami osteoporosis.

Data yang dikeluarkan oleh PEROSI sejalan dengan hasil penelitian dari Stanford University, yang menyatakan Indonesia menjadi negara peringkat pertama yang malas berjalan kaki.

Penelitian terhadap 700 ribu orang Indonesia oleh Stanford University ditemukan, sebanyak 3.513 langkah perhari yang dilakukan oleh orang-orang di Indonesia.

Padahal berjalan kaki dapat membawa berbagai macam manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah asosiasi jantung, melatih kekuatan masa otot, melancarkan oksigen dalam darah, cegah osteoporosis, menurunkan kalori, mempercepat suplai darah ke otak, mencukupi kebutuhan kalsium, perbaiki pencernaan, dan manfaat baik lainnya.

Baca Juga: 50 Strain Cacar Monyet Ditemukan, Menyebar di 75 Negara, Waspada Komplikasi Mematikan

Dengan berjalan kaki, akan menghindari wanita dan pria terhindar dari berbagai macam penyakit tulang, termasuk kepadatan tulang yang rendah, osteoporosis, patah tulang, dan komplikasi penyakit pada tulang lainnya.

Selain dengan berjalan kaki, kekurangan kalsium pada 90% wanita dan 41,8% pria dapat dicegah dengan olahraga lainnya dan asupan bernutrisi, penting untuk melakukan aktivitas-aktivitas fisik ini agar tulang menjadi semakin terbentuk kepadatannya karena adanya tekanan dari aktivitas sehari-hari.