Find Us On Social Media :

Kena Covid-19, Ini Cara Menyembuhkannya Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Gejala ringan dan sedang, kita bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan melakukan hal-hal berikut.

GridHEALTH.id - Jika kita terkena Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang, kita tahu bahwa kita harus tinggal di rumah agar tidak menulari orang lain. Tetapi tahukah, selama di rumah, ada hal yang dapat kita lakukan untuk memerangi virus tersebut.Obat bebas dan intervensi nondrug dapat membantu kita mengatasi gejala Covid-19, yang biasanya berupa campuran pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, sakit tenggorokan, batuk, sesak napas, nyeri otot atau tubuh, demam atau kedinginan, atau masalah lainnya.Tetapi jika berisiko tinggi menjadi sakit parah atau bahkan meninggal karena Covid-19, karena lanjut usia atau obesitas, misalnya, atau karena memiliki kondisi medis seperti diabetes, kita wajib memberitahu dokter untuk perawatan yang lebih serius di rumah sakit.

Hal pertama yang harus kita lakukan jika merasa mengidap Covid-19 adalah dengan mengonfirmasikan dengan tes, karena gejala Covid-19 dapat menyerupai kondisi lain seperti flu biasa atau alergi musiman.

Jika dites positif, hubungi dokter.  Bahkan jika merasa gejala tidak cukup parah untuk mengganggu penyedia layanan kesehatan di tengah pandemi, tetap penting untuk menjangkau.“Kami tidak ingin orang menderita dalam kesunyian, di rumah dan mungkin sendirian,” kata Paul Pottinger, MD, seorang dokter penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di Seattle, Amerika Serikat.Berikut ini adalah tanda dan gejala Covid-19 parah menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk segera mencari pertolongan medis:

- Kesulitan bernapas

- Rasa sakit atau tekanan yang terus-menerus di dada

- Kebingungan baru

- Ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga

- Bibir, kulit, atau kuku pucat, abu-abu, atau biru (tergantung warna kulit)

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani: ' Tahun Depan Tidak Ada Lagi Anggaran Khusus Untuk Covid-19'

Baca Juga: Traditional Chinese Medicine, Pengobatan Tradisional Cina yang Semakin Banyak Penggemarnya

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang direkomendasikan dokter untuk mengatasi gejala Covid-19. Strategi berikut dapat menjadi bagian dari rencana perawatan secara keseluruhan'

- Kesulitan bernapas. Jika mengalami gejala dispnea ringan atau sedang (kesulitan bernapas), jadwalkan janji temu dengan dokter. Mereka mungkin menyarankan agar kita berbaring tengkurap, atau telungkup, daripada telentang.