Find Us On Social Media :

Healthy Move, Olahraga Aman Untuk Penyandang Gangguan Jantung

Berjalan kaki, salah satu jenis olahraga yang disarankan bagi penyandang gangguan jantung.

GridHEALTH.id - Mempertahankan aktivitas fisik secara teratur penting bagi siapa saja, tetapi lebih dari itu bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.

Terutama, ini membantu memperkuat miokardium, yaitu otot jantung. Ini mencegah berbagai gejala, seperti nyeri dada.

Olahraga juga memiliki efek positif pada kontrol glukosa, fungsi usus dan fiksasi kalsium di tulang. Ini juga membantu menjaga berat badan yang tepat, yang merupakan kunci untuk mencegah banyak masalah kesehatan.

Namun, penderita penyakit jantung harus berolahraga di bawah pengawasan medis. Tidak disarankan bagi mereka untuk melakukan aktivitas fisik spontan, terutama jika mereka baru saja mengalami serangan jantung, telah menjalani operasi, menderita diabetes, atau sering mengalami nyeri dada.

Orang dengan penyakit jantung harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

Demikian juga, mereka harus berkonsultasi dengan mereka jika mereka ingin meningkatkan tingkat kesulitan rutinitas mereka atau jika mereka memiliki jenis ketidaknyamanan saat melakukannya.

Idealnya, setiap rencana harus dilaksanakan secara bertahap. Artinya, mulailah dengan aktivitas ringan seperti jalan kaki, berenang, jogging atau bersepeda, selalu dengan hati-hati. Ini dapat diulang 2 atau 3 kali seminggu, tergantung pada kondisi fisik.

Olahraga yang sifatnya memicu adrenalin dan bersifat kompetitif tidak disarankan untuk penyandang gangguan jantung.

Aspek lain yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

- Sebelum berolahraga, disarankan untuk melakukan peregangan selama 5 menit, atau berjalan sedikit untuk pemanasan.

-  Ketika selesai juga harus melakukan pendinginan, tetapi lebih lambat. Tujuannya adalah untuk mendinginkan otot, termasuk jantung.

- Jika ada kelelahan atau gejala jantung apa pun, kita harus berhenti.