Find Us On Social Media :

Dari Mana Datangnya Asam Urat Tinggi? Ketahui Penyebab Awal dan Cara Mencegahnya

Dari mana asam urat datang? Kenali penyebab awalnya dan cara-cara untuk mencegahnya.

GridHEALTH.id - Asam urat menjadi salah satu penyakit yang populer di kalangan masyarakat.

Penyakit ini umum diderita oleh banyak orang, sehingga diperlukan pemahaman yang baik terkait penyebab awal asam urat agar dapat mencegahnya.

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah limbah tubuh yang terbentuk setelah tubuh memecah purin, zat yang ditemukan dalam tubuh dan pada beberapa makanan.

Asam urat ini biasanya akan larut ke dalam darah dan diproses oleh ginjal, lalu dibuang dari tubuh melalui urin.

Ketika kadar asam urat terlalu banyak atau ginjal tidak kuat dalam membersihkannya, hasilnya asam urat akan menumpuk di dalam darah, inilah yang dikenal dengan hiperurisemia.

Hiperurisemia ini terjadi setelah kadar asam urat berada di atas normal dan jika dibiarkan maka dapat menyebabkan gout atau pirai atau serangan asam urat.

Ada beberapa lokasi yang paling umum tempat terjadinya asam urat, diantaranya yaitu bagian sendi di jempol kaki, kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari.

Sebenarnya asam urat juga memiliki peran dan fungsi baik dalam tubuh, jika masih dalam batas normal.

Fungsi asam urat adalah sebagai antioksidan dan untuk meregenerasi sel, sehingga tidak heran jika metabolisme tubuh secara alami juga menghasilkan asam urat.

Ciri seseorang memiliki asam urat bisa dilihat dari adanya serangan asam urat dengan ciri muncul serangan nyeri, bengkak, panas, sakit saat digerakkan, kulit di atas sendi tampak kemerahan.

Baca Juga: Atasi Asam Urat Dengan 3 Bahan Alami Berkhasiat Berikut Ini!