Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan dengan Bosu Ball Melatih Keseimbangan dan Menurunkan Berat Badan, Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukannya

Pelajari lebih dulu berlatih dengan bosu ball sebelum menggunakan untuk menghindari cedera.

GridHEALTH.id - Bosu ball atau bola bosu adalah peralatan fitness baru yang banyak dipakai selebriti di instagram atau tik-toknya. Contohnya dilakukan oleh Bella Hadid, Kriti Sanon, hingga Urvashi Rautella.

Tetapi memainkan bola ini membutuhkan sedikit waktu untuk mempelajarinya. Gunanya untuk mencegah cedera akibat jatuh tak terduga yang bisa berdampak pada pinggul dan sendi serta otot tubuh bagian bawah.

Bola Bosu adalah bola setengah lingkaran serbaguna yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari latihan peregangan, keseimbangan, dan pemulihan, hingga latihan kekuatan, dan latihan plyometrik. Karena bentuk dan strukturnya, bola dapat tetap menghadap ke bawah dari salah satu sisi, tergantung pada persyaratan latihan.

Berikut adalah 5 kesalahan umum yang dilakukan orang dengan bola Bosu

1. Kurangnya pemahaman tentang tujuan: Kita harus jelas tentang tujuan penggunaan bola Bosu.

Meskipun bagus untuk stabilitas, fleksibilitas, dan peregangan, melakukan latihan intensitas tinggi dengan bosu ball bisa meningkatkan kemungkinan kecelakaan jika tak hati-hati.

Selain itu, mengangkat beban yang sangat berat di atas bola akan membuat otot lebih cepat lelah daripada melakukannya di permukaan yang datar. Oleh karena itu, gunakan peralatan ini hanya jika tujuan kita jelas.

2. Memulai dengan tantangan yang lebih berat: “Bola Bosu juga melatih otot yang lebih kecil yang biasanya diabaikan dalam latihan rutin. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi tingkat tinggi, terutama untuk pemula.

Mereka perlu belajar untuk melakukannya dengan lambat dan tidak hanya melakukan latihan yang dimaksudkan untuk para ahli. Salah satu cara yang baik untuk memulai adalah berlatih berdiri di atasnya sebelum menggeraknnya” kata pakar kebugaran Meenakshi Mohanty dari New Delhi, India.

3. Menggunakan tanpa pengawasan: Postur atau gerakan yang salah dapat menghambat keseimbangan dan membuat kita berisiko jatuh yang menyebabkan cedera serius.

Bahkan melakukan peregangan atau latihan beban menggunakan bola, tanpa pengawasan ahli, terutama pada tahap awal dan tidak terlatih dapat menyebabkan otot yang parah dan cedera tubuh lainnya.

4. Menaruh bola tanpa pegangan terdekat: Bola harus selalu ditempatkan dekat dengan permukaan tegak lurus yang keras yang dapat dipegang oleh pemula jika mereka kehilangan keseimbangan.