Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Latihan Mobilitas Punggung Untuk Meredakan Nyeri dengan Segera

Kebanyakan duduk bisa menyebabkan nyeri punggung, lakukan latihan mobilitas punggung.

GridHEALTH.id - Mobilitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk bergerak atau digerakkan secara bebas dan mudah.

Ketika kita berbicara tentang mobilitas punggung khususnya, semakin banyak sendi facet di tulang belakang dapat bergerak, semakin halus gerakan harian kita.

Alasannya? Tulang belakang adalah tulang punggung tubuh, dan karena itu, ini memengaruhi setiap gerakan tubuh secara harfiah.

“Punggung memegang dan mendukung semua bagian tubuh kita,” kata Vabian Vesco, ahli kebugaran sekaligus spesialis rehab medik di Atlanta Sport Center di Amerika Serikat.

“Memiliki tulang belakang yang sehat dan bergerak sangat penting karena tulang belakang mengontrol fungsi vital tubuh, memberikan dukungan struktural, dan membantu kita melakukan tugas sehari-hari.”

Namun sayangnya, pekerjaan kita sehari-hari, membuat kita menghabiskan banyak waktu dengan duduk di kursi, membuat punggung jadi nyeri.

“Semakin banyak kita duduk, semakin muncul gangguan pada punggung,” kata Vesco. "Kita juga cenderung membawa banyak ketegangan di tulang belakang kami sehingga lebih sulit untuk bergerak dengan lancar dalam kehidupan kita sehari-hari."Untungnya, latihan mobilitas punggung dapat membantu melepaskan ketegangan itu. “Latihan ini membantu kita bergerak dan menurunkan risiko cedera dan rasa sakit yang tidak diinginkan,” tambah Vesco. Berikut lima latihan untuk mobilitas punggung yang optimal.

1. Pose cat-and cow

“Mulai dalam posisi berkaki empat, tangan ditumpuk di bawah bahu, lutut langsung di bawah pinggul, tulang belakang netral dengan pandangan ke lanta. Gerakkan  tulang ekor secara perlahan ke arah langit-langit saat menarik napas dan terus goyangkan tulang belakang sampai dada terangkat.

2. Rolling plankMobilitas punggung adalah tentang bisa bergerak dengan bebas. Karena itu, gerakan yang lambat dan mantap adalah suatu keharusan untuk punggung yang sehat.

Baca Juga: Healthy Move, William Flexion Back Exercise Untuk Meredakan Nyeri Punggung Bawah

Baca Juga: Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Lengkap dengan Harga Terbaru di Apotek