Find Us On Social Media :

Waspada Hipertensi Picu Stroke, Jalani 6 Langkah Pencegahan Berikut Ini!

Tidur dan beristirahat yang cukup, salah satu cara mencegah stroke.

GridHEALTH.id - Tekanan darah tinggi atau hipertensi berperan dalam sekitar setengah dari semua stroke. Tetapi meskipun ini adalah kondisi yang serius, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko stroke.

Banyak orang dengan tekanan darah tinggi perlu minum obat jangka panjang dan membuat beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko stroke lain atau serangan iskemik transien (TIA atau mini-stroke).

Tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala, jadi kita mungkin tidak akan merasa berbeda saat minum obat. Tetapi obat-obatan sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Jika kita dapat menurunkan tekanan darah  hanya dengan 10 mmHg saja kita mengurangi risiko stroke lebih dari 25%.

Apa Hubungan Antara Tekanan Darah Tinggi dan Stroke?

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dengan berbagai cara. Ini dapat menyebabkan pembekuan darah di otak, dan dapat merusak pembuluh darah kecil jauh di dalam otak.

Hipertensi juga bisa membuat stroke karena pendarahan di otak lebih mungkin terjadi. Tekanan darah tinggi juga merusak pembuluh darah dengan membuatnya menjadi lebih sempit dan kaku, dan menyebabkan penumpukan bahan lemak.

Proses ini disebut aterosklerosis. Gumpalan dapat terbentuk di area bahan berlemak, dan jika gumpalan berjalan ke otak menyebabkan stroke atau serangan iskemik transien (TIA atau mini-stroke).

6 Cara Mudah Terhindar dari Serangan Stroke

Stroke dapat menyerang siapa saja yang memiliki riwayat penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Serangan stroke tidak diketahui kapan datangnya, kadang tiba-tiba dan juga perlahan.

Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kronis ini selain terapi yang memakan waktu lama. Stroke juga termasuk salah satu penyakit penyebab kematian paling banyak di Indonesia.Agar terhindar dari risiko stroke, baiknya kita mengetahui cara mencegah penyakit ini. Lebih baik mencegah lebih dini daripada terserang stroke.

Baca Juga: Golongan Darah yang Punya Risiko Terkena Penyakit Jantung Hingga Stroke, Cegah dari Sekarang!