Find Us On Social Media :

Simak, 7 Makanan Penyebab Penyakit Ginjal yang Perlu Dihindari!

Jus buah, ternyata termasuk minuman yang tidak disarankan bagi penderita penyakit ginjal.

GridHEALTH.id - Ginjal adalah organ yang memainkan beberapa peran penting dalam kesehatan  kita.

Tugasnya membantu menyaring darah, membuang produk limbah, menghasilkan hormon, menjaga tulang agar kuat, mengatur keseimbangan cairan, dan mengatur tekanan darah.

Sayangnya, ginjal bisa rusak dan menjadi kurang efisien seiring waktu. Ini biasa disebut penyakit ginjal, dan itu mempengaruhi sekitar 10% orang dewasa secara globa.

Berbagai faktor dan kondisi kesehatan, termasuk diabetes, dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.Kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal.  Akibatnya, sekitar 1 dari 3 orang dewasa dengan diabetes juga memiliki penyakit ginjal.Pedoman diet untuk penyakit ginjal dan diabetes bervariasi berdasarkan stadium penyakit ginjal. Tujuannya adalah untuk mencegah penumpukan berbagai bahan kimia, nutrisi, dan produk limbah dalam darah untuk menjaga fungsi ginjal.Orang dengan penyakit ginjal dan diabetes harus memantau asupan gula dan mineral natrium, kalium, dan fosfor.Umumnya, orang dengan penyakit ginjal harus mengkonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg masing-masing natrium. Mereka juga harus memantau asupan kalium dan fosfor mereka sesuai dengan saran dokter .Orang dengan penyakit ginjal juga harus memantau asupan proteinnya, karena ginjal mungkin kesulitan menyaring produk limbah dari metabolisme protein. Di sisi lain, orang dengan penyakit ginjal stadium akhir mungkin membutuhkan lebih banyak protein.Kebutuhan nutrisi bagi penderita penyakit ginjal berbeda-beda tergantung seberapa parah penyakitnya.

Dokter dan ahli diet terdaftar dapat memberi tahu  tentang kebutuhan pribadi akan protein dan nutrisi lainnya.Berikut adalah 7 makanan yang harus dihindari jika memiliki penyakit ginjal dan diabetes, dikutip dari Kidney Care UK:

Baca Juga: Kreatinin Tinggi Bisa Merusak Ginjal, Ini 5 Tips Cara Menurunkan

Baca Juga: Penyebab Angka Hipertensi di Indonesia Tinggi Karena Garam dan Minyak Goreng, Simak Faktanya

1. Daging olahan

Bacon, daging deli, sosis, dan dendeng adalah beberapa jenis daging olahan yang umum. Karena daging olahan biasanya diasinkan, mereka memiliki kandungan natrium yang tinggi.

Misalnya, porsi standar 3 ons (85 gram) bacon mengandung 1.430 mg sodium, yang hampir 62% dari tunjangan sodium harian Anda dengan penyakit ginjal (6Trusted Source).Makanan tinggi natrium tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena kelebihan natrium dapat secara signifikan membebani ginjal.

Ini dapat meningkatkan tekanan darah  dan menyebabkan penumpukan cairan di tempat-tempat seperti pergelangan kaki  dan di sekitar jantung dan paru-paru .

2. Minuman bersodaSoda, terutama varietas berwarna gelap, tidak ideal untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes.Soda berwarna gelap mengandung fosfor, yang digunakan untuk mencegah perubahan warna, memperpanjang umur simpan, dan menambah rasa. Sebagian besar soda berwarna gelap mengandung 90–180 mg fosfor per porsi 12 ons (355 mL)