Find Us On Social Media :

Alasan Kaitan Erat Pengidap Penyakit Ginjal Rentan Terkena Penyakit Jantung

Penyakit ginjal kronis dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.

GridHEALTH.id - Meskipun organ-organ dalam tubuh kita masing-masing memiliki tugas khusus menjaga kita tetap sehat, tetapi nyatanya mereka masih saling mengandalkan untuk berfungsi dengan baik.

Ketika satu organ tidak berfungsi sebagaimana mestinya, itu dapat memberi tekanan pada organ lain, menyebabkan mereka berhenti bekerja dengan baik juga.Hubungan antara penyakit ginjal kronis (PGK), diabetes, dan penyakit jantung adalah salah satu contoh cara organ kita terhubung.Tubuh menggunakan hormon yang disebut insulin untuk memasukkan gula darah ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Jika seseorang menderita diabetes, pankreasnya tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang dibuatnya sebagaimana mestinya.Jika seseorang menderita PGK, ginjalnya tidak dapat menyaring racun dan limbah dari darahnya sebagaimana mestinya.Penyakit jantung mengacu pada beberapa jenis kondisi jantung. Kondisi yang paling umum, penyakit arteri koroner, menyebabkan perubahan aliran darah ke jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Jadi bagaimana ketiga kondisi ini terhubung? Faktor risiko untuk setiap kondisi serupa dan termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga, obesitas, diet tidak sehat, dan aktivitas fisik.Gula darah tinggi secara perlahan dapat merusak ginjal, dan seiring waktu, mereka dapat berhenti menyaring darah sebagaimana mestinya, yang menyebabkan PGK. Sekitar 1 dari 3 orang dewasa dengan diabetes memiliki PGK.Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, lebih banyak tekanan pada jantung. Ketika seseorang menderita PGK, jantungnya perlu memompa lebih keras untuk mendapatkan darah ke ginjal.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Perubahan tekanan darah juga merupakan komplikasi CKD yang dapat menyebabkan penyakit jantung.Untungnya, mencegah atau mengelola satu kondisi dapat membantu kita mencegah dan mengelola yang lain dan menurunkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Untuk mencegah penyakit ginjal kronis, diabetes, dan penyakit jantung sekaligus, inilah lima tips untuk memulai;

Baca Juga: Hati-hati, Penyakit Infeksi Usus Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Baca Juga: Trimester Pertama, Ini Dia Dua Cara Tes Untuk Memastikan Kehamilan

1. Menjadi aktif adalah salah satu cara terbaik untuk membantu kita mencegah atau mengelola CKD, diabetes, dan penyakit jantung. Temukan aktivitas yang disukai, mulai dari yang kecil, dan mulai bergerak!

2. Memilih makanan dan minuman sehat adalah cara penting untuk memberi tubuh  bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke piring kita juga dapat membantu kita menjaga berat badan yang sehat, cara lain yang bagus untuk mencegah atau mengelola kondisi ini.

3. Berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita. Berhenti merokok akan membantu kita mencegah CKD, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung dan memperbaiki kondisi ini jika sudah memilikinya.

4. Cari tahu kondisi kesehatan kita dengan mengikuti tes risiko pradiabetes 1 menit ini. Jika skor risiko kita tinggi, bicarakan dengan dokter  tentang mengambil tindakan untuk mencegah atau menunda diabetes tipe 2.