Find Us On Social Media :

Pengobatan Alternatif Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan Selain Pengobatan Medis

Terapi akupunktur, salah satu pengobatan alternatif yang digunakan dalam pengobatan kanker payudara.

GridHEALTH.id - Pengobatan kanker alternatif mungkin tidak memainkan peran langsung dalam menyembuhkan kanker payudara,  tetapi dapat membantu kita mengatasi tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker dan pengobatan kanker, seperti kecemasan, kelelahan, mual dan muntah, nyeri, sulit tidur, dan stres.Pengobatan alternatif adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan metode yang biasanya tidak ditawarkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Ketika para peneliti mempelajari perawatan ini dan bukti untuk metode alternatif ini tumbuh, dokter dan penyedia lain memasukkannya ke dalam rencana perawatan di samping perawatan standar. Ini adalah pendekatan yang kadang-kadang oleh penyedia layanan disebut pengobatan integratif.Menggunakan pendekatan pengobatan integratif berbasis bukti ini bersama dengan perawatan standar dapat membantu meringankan banyak gejala yang terkait dengan kanker dan pengobatannya.

Tetapi perawatan alternatif atau integratif umumnya tidak cukup kuat untuk menggantikan perawatan standar sepenuhnya. Diskusikan pilihannya dengan dokter.

Berikut adalah sejumlah pengobatan alternatif kanker payudara yang bisa dilakukan selain pengobatan medis;

1. Akupunktur. Selama perawatan akupunktur, seorang praktisi memasukkan jarum kecil ke kulit kita pada titik-titik yang tepat.

Studi menunjukkan akupunktur dapat membantu dalam mengurangi mual yang disebabkan oleh kemoterapi. Akupunktur juga dapat membantu meringankan jenis nyeri tertentu pada penderita kanker.

Akupunktur aman jika dilakukan oleh praktisi berlisensi dengan menggunakan jarum steril. Akupunktur tidak aman jika kita menggunakan pengencer darah atau jika memiliki jumlah darah rendah, jadi tanyakan kepada praktisinya dulu.

2. Akupresur.  Adalah teknik terkait di mana tekanan ringan diterapkan pada area tertentu, seperti pergelangan tangan, untuk membantu meredakan mual.

3. Aromaterapi. Aromaterapi menggunakan minyak wangi untuk memberikan sensasi menenangkan. Minyak, yang diresapi dengan aroma seperti lavender, dapat dioleskan ke kulit selama pemijatan, atau minyak dapat ditambahkan ke air mandi.

Minyak wangi juga dapat dipanaskan untuk melepaskan aromanya ke udara. Aromaterapi dapat membantu meredakan mual, nyeri, dan stres.

Aromaterapi dapat dilakukan oleh seorang praktisi, atau kita dapat menggunakan aromaterapi sendiri.

Aromaterapi aman, meskipun minyak yang dioleskan ke kulit kita dapat menyebabkan reaksi alergi.