Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Enggak Tahu, Ternyata Air Rebusan Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Untuk Mengobati Kanker Payudara

Rebusan daun sirsak, salah satu tanaman herbal untuk obati kanker payudara.

 

GridHEALTH.id - Penyandang kanker payudara yang melakukan pengobatan, selain dengan pengobatan medis dengan dokter, biasanya juga melakukan pengobatan dengan cara alternatif lain. Misalnya dengan pengobatan melalui tanaman herbal.

Berikut adalah beberapa air rebusan tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati kanker payudara, dikutip dari Grid Hype:

1. Daun sirsak

Daun ini ternyata dapat dijadikan tanaman herbal antikanker.  Hal ini karena daun sirsak mengandung senyawa setogenin dan alkaloid yang diyakini dapat mengurangi pertumbuhan kanker. Cara mengonsumsinya adalah dengan terlebih dulu menyiapkan beberapa helai daun sirsak kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebuslah daun sirsak tersebut sampai air rebusannya berkurang. Kita dapat mengonsumsi ramuan ini setiap hari satu gelas, maka dalam beberapa minggu tumor atau benjolan tersebut akan mengecil. Sekadar informasi, benjolan pada payudara menjadi satu di antara hal yang ditakuti bagi wanita. Hal ini karena benjolan di payudara tergolong dalam gejala terjadinya kanker payudara. Kanker payudara adalah kondisi tumor ganas yang terbentuk dari sel-sel payudara. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya. 2. Daun tapak dara Tanaman herbal selanjutnya yang dapat kita konsumsi untuk mengobati kanker payudara ialah daun tapak dara. Sudah dikenal sebagai ramuan anti tumor ganas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tapak dara mengandungsenyawa alkaloid vinka, vinkristin dan vinblastin yang berperan aktif menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Cara mengonsumsi daun tapak dara ialah dengan mengambil beberapa lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari serta buah adas. Rebus semua bahan tersebut secara bersamaan dan tambahkan 3 gelas air sembari.

Baca Juga: Konsumsi Pare Bisa Mencegah Kanker Payudara, Simak Cara Mengolahnya!

Baca Juga: Healthy Move, Menggunakan Rol Busa Sebagai Alat Pilates di Rumah

Untuk menetralisasi rasa pahitnya, kita dapat menambahkan gula merah. Tunggu hingga air sisa setengah, angkat lalu saring rebusan tersebut. Minumlah ramuan tradisional tersebut dan konsumsilah secara rutin. 3. Teh hijau Minuman herbal yang dapat dikonsumsi oleh penderita kanker payudara ialah teh hijau. Daun teh hijau mengandung salah satu senyawa polifenol yang bersifat antitumor dan anti-mutagenik. Polifenol dalam teh hijau disebut efektif membatasi pembelahan sel kanker dan memicu kerusakan sel. Selain itu, rajin mengonsumsi teh hijau dapat menghambat penyebaran dan pembelahan sel tumor, karena daunnya mengandung senyawa antioksidan berupa katekin. 4. Bawang putih

Baca Juga: 5 Tanaman Obat Herbal Ini Bisa Bermanfaat Sebagai Obat Hipertensi

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Dihindari, Waspadai

Tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini tentunya tersedia di dapur kita. Bawang putih diketahui memiliki khasiat untuk mengobati banyak penyakit termasuk kanker payudara. Bawang putih mengandung sulfida organik dan polisulfida yang berperans sebagai zat anti kanker. Tak hanya itu zat antitumor pada bawang putih bekerja dengan merangsang limfosit dan makrofag (jenis-jenis sel darah putih). Nantinya, kandungan tersebut akan membunuh sel kanker dan mengganggu metabolisme sel tumor. Kita dapat mengonsumsi bawang putih segar sebanyak 2-5 gram per hari. Sementara jika kita hanya memiliki bubuk bawang putih, maka konsumsilah sebanyak 0,4 sampai dengan 1,2 gram per hari. (*)

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Pemulihan Penyakit Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Baca Juga: Penggunaan Ideal Garam Bagi Penderita Hipertensi, Simak Penjelasannya di Sini!