Find Us On Social Media :

Begini Cara Terbaik Untuk Mengobati Penyakit Ginjal Stadium Awal

Pengobatan penyakit ginjal pada tahap awal yang biasanya disarankan adalah perubahan pola makan.

GridHEALTH.id - Banyak penduduk di dunia memiliki penyakit ginjal dini (tahap pertama penyakit ginjal) dapat terus mengembangkan gagal ginjal.

Sayangnya, pasien yang mengalami gagal ginjal memiliki peluang bertahan hidup yang buruk dibandingkan dengan orang dengan usia yang sama tanpa penyakit ginjal.Program Insufisiensi Ginjal Dini (ERI/The Early Renal Insufficiency), dijalankan oleh ahli nefrologi University of Maryland Medical Center, membantu dokter perawatan primer yang merawat mereka yang memiliki penyakit ginjal tahap awal. Tujuan utama dari program ERI adalah untuk memperlambat perkembangan penyakit ginjal.Alasan hasil kesehatan pasien penyakit ginjal dini yang buruk seringkali karena komplikasi penyakit ginjal yang mungkin tidak dikenali. Ini termasuk anemia, penyakit jantung, malnutrisi, dan penyakit tulang.Ini dapat berkembang jauh sebelum timbulnya gagal ginjal. Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa hilangnya fungsi ginjal dapat diperlambat dengan terapi yang tepat, dan pemantauan fungsi ginjal dan kemungkinan komplikasi.

Dalam Program ERI, pasien dengan penyakit ginjal dini adalah:

- Dinilai untuk risiko mereka untuk pengembangan gagal ginjal

- Diperiksa untuk tingkat kehilangan fungsi ginjalnya

- Dididik tentang penyebab penyakit ginjal dan modifikasi yang dapat mereka lakukan untuk menjaga fungsi ginjal mereka selama mungkin.

- Dievaluasi untuk tingkat komplikasi terkait penyakit ginjal

- Diobati dengan terapi, seperti agen eritropoietik untuk anemia, atau vitamin D dan obat-obatan yang menurunkan kolesterol dan tekanan darah

- Diikuti dari waktu ke waktu untuk perkembangan penyakit mereka

Baca Juga: Obat Hipertensi Bisa Merusak Ginjal? Kenali Cara Kerja Obat dan Merawat Ginjal dengan Benar

Baca Juga: Boleh Dicoba, 7 Titik Pijat Akupresur Untuk Menekan Nafsu Makan

- Disiapkan tepat waktu untuk transplantasi ginjal atau dialisis jika kemungkinan gagal ginjalSetelah evaluasi awal, staf program ERI akan tetap berhubungan dengan pasien, membantu manajemen waktu dan menjadwalkan kunjungan tindak lanjut sesuai kebutuhan.