Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Cegah Penyakit Diabetes Sejak Dini Bukan Cuma Kurangi Gula, Simak Selengkapnya!

Rutin olahraga, salah satu cara mencegah penyakita diabetes sejak dini

GridHEALTH.id - Penyakit diabetes yang menyerang jumlah orang dewasa yang terus bertambah, dan dengan meningkatnya tingkat obesitas pada masa kanak-kanak, penyakit ini menjadi lebih umum di kalangan remaja, terutama di antara kelompok etnis tertentu (pelajari lebih lanjut tentang diabetes, termasuk jenis dan faktor risiko lainnya).

Kabar baiknya adalah pradiabetes dan diabetes tipe 2 sebagian besar dapat dicegah. Sekitar 9 dari 10 kasus diabetes dapat dihindari dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Perubahan yang sama ini juga dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kunci pencegahan dapat diringkas menjadi lima kata, ' Tetap kurus dan tetap aktif.'

Bagaimana jika sudah menderita diabetes?

Pedoman untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 juga sesuai jika saat ini kitamemiliki diagnosis diabetes.

Mencapai berat badan yang sehat, makan makanan yang dikontrol karbohidrat seimbang, dan berolahraga secara teratur semuanya membantu meningkatkan kontrol glukosa darah.

Jika mengonsumsi obat insulin, kita mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit karbohidrat saat makan atau camilan untuk memastikan kisaran glukosa darah yang sehat.

Langkah sederhana untuk mencegah penyakit diabetes sejak dini, bukan cuma mengurangi gula. Ada langkah-langkah lain yang sama pentingnya, yaitu

1. Mengontrol berat badan

Kelebihan berat badan adalah satu-satunya penyebab paling penting dari diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2 tujuh kali lipat.

Menjadi gemuk membuat kitaa 20 hingga 40 kali lebih mungkin terkena diabetes daripada seseorang dengan berat badan yang sehat. Menurunkan berat badan dapat membantu jika berat badan kitaa berada di atas kisaran berat badan yang sehat.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Berujung Kebutaan, Skrining Dini Penglihatan Penting Bagi Penyandang Diabetes

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Untuk Penyintas Kanker Payudara, Mulai Dari Makanan yang Sehat

Kehilangan 7-10% dari berat badan saat ini dapat mengurangi separuh peluang terkena diabetes tipe 2.