Find Us On Social Media :

Bawang Daun Memiliki 18 Manfaat Kesehatan, Bukan Semata-mata Hiasan dan Penyedap Masakan

Bawang daun, memiliki 18 khasiat kesehatan.

GridHEALTH.id - Umum dijadikan hiasan dan penyedap masakan, ternyata bawang daun atau daun bawang memiliki 18 manfaat kesehatan.

tentu kita telah mengenal bawang daun yang dianjurkan sebagai penambah kenikmatan masakan, khususnya yang berkuah.

Karenanya tidak heran jika masakan seperti sup, mi pangsit, mi ayam, soto hingga bubur sering menggunakan sayuran ini. 

Malah ada, lo, menu khusus yang bahan utamanya dari daun bawang. 

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan kita, dikutip dari Gramedia.com (09/2022)

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan serat yang ada di dalam daun bawang ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Hal tersebut juga sudah terbukti dari adanya penelitian yang telah dilakukan pada 2019.

Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan jika kadar kolesterol LDL bisa turun jika rutin mengkonsumsi makanan berserat, salah satunya adalah bawang daun. Tak hanya itu saja, pasalnya penggunaan daun bawang juga bisa membantu mengurangi dosis penggunaan obat statin sekaligus dengan efek samping penggunaannya.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kandungan yang ada di dalam bawang daun adalah mineral, yang mana kandungan mineral pada daun bawang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, adanya kandungan seperti kalium, magnesium dan juga kalsium yang terdapat pada  bawang daun bisa menjaga tekanan darah yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Baca Juga: Nasib 500 Ton Beras yang Hilang di Gudang Bulog, Pimpinannya Dipecat