Find Us On Social Media :

Ini Bahayanya Antibiotik Jika Secara Terus-menerus Digunakan

Bahaya antibiotik telah menimbulkan kerugian kesehatan di seluruh dunia.

GridHEALTH.id - Antibiotik dianggap sebagai batu kunci pengobatan modern, tetapi penggunaannya yang berlebihan terus menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) secara historis tidak dikenal menggunakan bahasa pesimistis, tetapi akhir-akhir ini mereka membunyikan alarm tentang konsekuensi penggunaan antibiotik secara berlebihan.

Bahaya Mengkonsumsi Antibiotik Secara Berlebihan

Direktur CDC Tom Frieden telah memperingatkan tentang "bakteri mimpi buruk," yang telah mengembangkan pertahanan terhadap antibiotik modern. Hal ini menyebabkan strain yang dapat menyebabkan infeksi fatal.Sementara para spesialis membuat langkah untuk menjaga keefektifan antibiotik dan untuk memperlambat potensi infeksi melalui kebijakan yang lebih baik, penggunaan antibiotik yang berlebihan terus menimbulkan konsekuensi kesehatan yang parah  di seluruh dunia.

1. Antibiotik Meningkatkan Kasus Diare Fatal pada Anak

Karena sebagian besar flu biasa adalah virus, menggunakan antibiotik untuk mengobatinya tidak menghentikan infeksi dan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa setengah dari antibiotik yang diresepkan untuk anak-anak adalah untuk infeksi saluran pernapasan atas yang terkait dengan flu biasa.Sebuah studi CDC baru menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi antibiotik untuk infeksi saluran pernapasan atas rutin lebih rentan terhadap strain bakteri resisten antibiotik agresif yang umumnya dikenal sebagai C. diff.Studi tersebut menemukan bahwa 71% anak-anak yang menderita infeksi C. diff telah diberikan antibiotik untuk penyakit pernapasan, telinga, dan hidung 12 minggu sebelum infeksi.“Ketika antibiotik diresepkan secara tidak tepat, anak-anak kita tidak perlu berisiko mengalami masalah kesehatan termasuk infeksi C. difficile dan infeksi kebal antibiotik yang berbahaya,” kata Frieden dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.C. diff, bakteri yang ditemukan di usus manusia, dapat menyebabkan diare parah dan menyebabkan 250.000 infeksi pada pasien rawat inap dan 14.000 kematian setiap tahun di antara anak-anak dan orang dewasa.Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa resep antibiotik untuk anak-anak telah mencapai puncaknya, tetapi perhatian terus diperlukan untuk mengurangi jumlah antibiotik spektrum luas yang diberikan kepada anak-anak untuk kondisi tertentu.

Baca Juga: Atasi Bakteri Penyebab Penyakit dengan 5 Antibiotik Alami Berikut Ini

Baca Juga: Cara Alami Atasi Asam Urat Tinggi, Bukan Cuma dari Makanan dan Minuman!

2. Antibiotik Dapat Mengganggu Flora Usus Sensitif

Usus kita mengandung sekitar 100 triliun bakteri dari berbagai jenis. Sementara beberapa dapat mematikan, ada keseimbangan alami di usus yang dapat dihancurkan oleh antibiotik. Bakteri bermanfaat ini, yang dikenal sebagai flora usus, mendukung kekebalan dan pencernaan yang baik.Antibiotik yang agresif, meskipun membantu jika  mengalami infeksi serius, dapat menghapus banyak bakteri usus yang baik sementara membiarkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik berkembang biak. Itulah kasus infeksi diare C. diff.Banyak orang, terutama anak-anak, rentan terhadap efek samping yang tidak diinginkan dari antibiotik yang tidak perlu, termasuk perubahan permanen pada flora usus mereka.

3. Antibiotik Membantu Mengajari Bakteri Baik Menjadi Buruk

Bakteri telah mengembangkan pertahanan terhadap antibiotik melalui proses transfer gen horizontal.Pada dasarnya, bakteri tidak perlu bereproduksi untuk meneruskan perlindungan genetiknya dari antibiotik. Mereka dapat dengan mudah meneruskan gen ini ke sesama bakteri seperti siswa yang memberikan catatan di ruang kelas.Satu studi menemukan bahwa bakteri yang melewati usus besar dapat mentransfer gen resistensi mereka ke bentuk bakteri lain.Sebuah studi dari Birkbeck, University of London, yang dirilis minggu ini menunjukkan bagaimana bakteri mengeluarkan gen di antara membran, kemungkinan memberi para ilmuwan petunjuk tentang cara menghentikan transfer gen.

4. Antibiotik Meningkatkan Kasus Gonore yang Tidak Dapat Diobati

Seiring dengan C. diff, CDC secara agresif melacak kasus gonore yang kebal antibiotik. Gonore yang tidak dapat diobati ini tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga dikaitkan dengan penyakit radang panggul, kehamilan ektopik, infertilitas tuba, dan infeksi mata neonatal, di antara kondisi lainnya.Jenis tertentu, Neisseria gonorrhoeae, telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati infeksi ini. Saat ini, antibiotik sefalosporin adalah satu-satunya kelas yang memenuhi standar CDC untuk melawan gonore yang resisten.

Baca Juga: Mirip, LADA Sering Dikira Diabetes Tipe 2, Padahal Ini Gejala Khasnya

Baca Juga: 8 Gejala Meningitis Akibat Infeksi Virus Yang Perlu Diketahui

Ancaman yang muncul membuat para ahli prihatin, dan ini menunjukkan bahwa diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang epidemiologi bakteri.Pada tahun 2012, 334.826 kasus gonore dilaporkan di AS, dan sebagian besar infeksi baru terjadi pada orang berusia 15 hingga 24 tahun, menurut CDC.