Find Us On Social Media :

Ciri Seseorang Kekurangan Vitamin D Rambutnya Rontok, Lakukan Ini Segera

Rambut rontok adalah ciri jika kita sedang kekurangan vitamin D.

GridHEALTH.id - Sejak pandemi melanda, kita jadi tahu vitamin D tidak saja berguna untuk tulang, tapi juga untuk imunitas.

Namun sayang belum banyak yang tahu jika vitamin D pun penting bagi rambut.

Karenanya ciri seseorang yang kekuranganvitamin D rambutnya rontok.

Manfaat Vitamin D

Manusia membutuhkan vitamin D yang membuat tubuh manusia bisa menyerap kalsium. Tanpa itu, tulang bisa menjadi rapuh dan lemah.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Crohn Disease dan Apa Gejala Utama Penyakit Ini?

Pada orang dewasa, melansir Perhimpunan Reumatologi Indonesia, terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau osteoporosis.Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan banyak kasus rakhitis, penyakit tulang dan masalah kesehatan masyarakat yang utama lainnya.Namun dewasa ini didapatkan bahwa vitamin D pun memainkan peran dalam kanker, diabetes, beberapa gangguan autoimun, dan bahkan penambahan berat badan.Kekurangan Vitamin DKekurangan vitamin D pun bisa berdampak pada kesehatan rambut.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Sangat Dilarang untuk Penderita Asam Urat

Paslanya vitamin D juga berperan dalam berbagai proses dalam tubuh, mulai dari membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat hingga menjaga kekuatan tulang.Menurut Dr Rhianna McClymont selaku kepala dokter umum di Livi, Inggris, kerontokan rambut adalah salah satu tanda peringatan kekurangan vitamin D.

Vitamin D dimetabolisme di kulit oleh keratinosit, menggambarkan sel-sel kulit yang memproses keratin, protein yang ditemukan di rambut, kuku, dan kulit.Ketika tubuh kekurangan vitamin D, melansir Republika.co.id (30/11/2022), keratinosit di folikel rambut mengalami kesulitan mengatur pertumbuhan dan kerontokan rambut.

Nah, penelitian pun mengaitkan kekurangan dengan gejala yang mengganggu ini.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Penderita Kanker Usus Diawal Diagnosa? Ketahui Juga Gejala yang Dialami!