Find Us On Social Media :

Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah yang Belum Banyak Diketahui

Meskipun sama-sama bisa menyebabkan pusing dan lemas, ada bedanya antara tekanan darah rendah dan kurang.

GridHEALTH.id - Darah rendah (hipotensi) adalah kondisi ketika tekanan darah seseorang di bawah normal, yaitu 90/60 mmHg. Sementara, kurang darah adalah kondisi yang merujuk pada anemia, yaitu kurangnya hemoglobin di dalam darah.Gejalanya memang bisa jadi mirip. Akan tetapi, keduanya berbeda. Oleh sebab itu pengobatannya juga berbeda. Berikut ini adalah perbedaan antara kurang darah dan darah rendah.

1. Penyebab kurang darah dan darah rendahKurang darah (anemia) umumnya disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah dan kondisi tertentu yang menyebabkan sel darah merah rusak ataupun bermasalah produksinya. Beberapa penyebab yang dapat berisiko menurunkan produksi sel darah merah, antara lain:

- Kurangnya produksi sel darah merah karena kerusakan sumsum tulang

- Kekurangan zat gizi tertentu, seperti zat besi, vitamin B12, atau folat

- HipotiroidismeKekurangan zat besi adalah satu penyebab anemia alias kurang darah yang sangat umum. Selain itu, beberapa hal lain yang dapat menyebabkan anemia, antara lain perdarahan, haid, penyakit kronis (seperti kanker dan penyakit ginjal), kelainan genetik, dan prosedur pembedahan.Sementara itu, melansir Mayo Clinic, penyebab tekanan darah rendah (hipotensi) bisa bervariasi, dari dehidrasi sampai kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, yaitu dehidrasi, kehamilan, gangguan jantung, gangguan endokrin, infeksi berat (septikemia), reaksi alergi parah (anafilaksis) dan konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.Kehilangan darah dalam jumlah banyak bisa menyebabkan anemia, yang berujung pada menurunnya tekanan darah secara drastis. Walau anemia berat bisa menyebabkan tekanan darah turun. Tekanan darah yang rendah bukanlah penyebab anemia.

2. Perbedaan gejala darah rendah dan kurang darah

Baca Juga: Ketahui Penyebab Umum Darah Rendah dan Cara Mengobatinya Sebelum Parah

Baca Juga: Coba Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tekanan darah rendah dan kurang darah sama-sama menyebabkan kepala pusing kliyengan dan kelelahan.

Namun, tekanan darah rendah lebih mungkin menyebabkan sakit kepala ketimbang anemia. Ciri kurang darah yang khas biasanya cenderung ke pusing dengan sensasi berputar, meski tak menutup kemungkinan sakit kepala mungkin saja terjadi.Selain dua gejala di atas, berikut ini adalah perbedaan gejala darah rendah dan kurang darah dapat dilihat pada tabel berikut: